Semakin Indah, Taman Alun Kapuas , Menjadi Tempat Fovorit Masyarakat

Semakin Indah, Taman Alun Kapuas , Menjadi Tempat Fovorit Masyarakat

  Senin, 15 February 2016 07:48

Berita Terkait

MEMBAHAS kota Pontianak memang tidak ada habisnya. Pembangunan kota yang pesat, membuat masyarakat semakin betah berada di kota ini. Begitu pula dengan beberapa objek wisata yang mengalami renovasi, salah satunya adalah Taman Alun Kapuas atau yang biasa disebut Korem. Taman yang terletak di jalan Rahadi Usman ini sudah beberapa kali mengalami renovasi, yaitu pada tahun 1999, 2011, 2012 dan 2015. Pada saat ini, Taman Alun Kapuas telah banyak mengalami perbaikan, terutama pada penataan taman dan pemberlakuan jam kunjungan.

    Bertambahnya tanaman hias dan pohon membuat kawasan ini semakin indah dan  rindang. Selain itu, jumlah tempat duduk untuk bersantai juga semakin banyak. Perbedaan lain tampak jelas adalah tidak ada lagi pedagang yang berjualan di tanah Korem, sehingga taman ini terlihat lebih luas dari sebelumnya. Meski demikian, ada salah seorang pedagang tak lantas kehabisan akal, ia lalu berjualan makanan dan minuman di atas sampan.
Hal yang berbeda juga terlihat dengan adanya papan pengumuman terkait jam kunjungan. Rentang waktu untuk mengunjungi Korem adalah dari pukul 06:00 WIB sampai  pukul 18:00 WIB. Tak seperti sebelumnya dimana pengunjung dapat bersantai di korem hingga larut malam. Walau begitu, kawasan tetap menjadi tempat favorit yang tak pernah sepi pengunjung. Banyak masyarakat yang ingin menikmati panorama sungai Kapuas, menikmati keindahan taman, ataupun menjadikannya latar untuk berfoto ria.
Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melakukan wisata air dengan menaiki perahu. Korem juga menyuguhkan pemandangan menarik berupa kapal dan perahu yang hilir mudik di sungai Kapuas. Pengunjung juga dapat melihat kapal penyembarangan yang mengangkut penumpang dari pusat Kota menuju kawasan Siantan. Hal yang tak kalah menakjubkan adalah pemandangan matahari tenggelam dimana air sungai memantulkan bias kilauan cahaya berwarna keemasan.
Semua keindahan yang kenyamanan Taman Alun Kapuas dapat kita rasakan. Namun hal yang mesti kita ingat bahwa kita juga memiliki tanggungjawab untuk ikut serta menjaga taman ini. Beragam cara yang dapat dilakukan seperti membuang sampah pada tempatnya, tidak menjahili tanaman dan tidak merusak fasilitas yang ada. Sehingga keindahan Taman Alun Kapuas semakin terjaga dan kita pun semakin dapat menikmatinya.

Veniy Andriyani
Anggota Forum Lingkat Pena Kalimantan Barat
 
 
(Foto: Veniy Andriyani)

 

Berita Terkait