Sejumlah Bangunan Mulai Dibongkar

Sejumlah Bangunan Mulai Dibongkar

  Kamis, 31 March 2016 09:16
MULAI DIBONGKAR: Bagunan homestay di Pantai Pulau Datok, Sukadana, telah dibongkar, untuk dilakukan penataan demi persiapan lokasi perhelatan Sail Selat Karimata 2016 ini. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Kayong Utara, Mas Yuliandi, mengatakan bahwa mereka sudah mempersiapkan perhelatan Sail Selat Karimata, yang akan diusung pada 15 Oktober mendatang. Bahkan demi persiapan tersebut, terdapat beberapa bagunan di Pantai Pulau Datok yang harus dibongkar mereka.

“Iya, memang ada beberapa bangunan yang akan dibongkar, dan sebelumnya telah diberitahukan. Sedangkan untuk bangunan yang lainnya, yang tidak terkena lokasi pembangunan pelataran kegiatan, kemungkinan akan tetap berdiri. Salah satunya seperti homestay (rumah singgah, Red) di Pantai Pulau Datok yang kini telah dibogkar,” terang Yuliandi, di Sukadana, Rabu (30/3).

Untuk bangunan yang telah dibogkar tersebut, diungkapkan dia jika nantinya akan dilakukan pembangunan pelataran untuk kegiatan puncak Sail Selat Karimata. Untuk mewujudkannya, diakui dia, tentu akan terlebih dahulu dilakukan penataan.“Setelah dilakukan penataan dan ada beberapa bagunan dibogkar, selanjutnya akan dilakukan pembagunan pelataran untuk pembangunan pelataran. Sepertihalnya yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Sementara itu, selain dilakukan penataan di lokasi kegiatan puncak, saat ini mereka terus melakukan upaya pendekatan-pendekatan kepada masyarakat. Beberapa pihak mereka sambangi seperti pemilik usaha rumah makan maupun penginapan. Intinya, dipastikan dia, pihak-pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan Sail nanti.

“Pendekatan dan sosialisai terus kita lakukan kepada masyarakat, agar pada saat dilaksanakannya Sail nanti semua masyarakat sudah siap untuk menyambut kegiatan akbar tersebut. Yang akan dihadiri oleh masyarakat dari berbagi daerah dan Presiden,” terangnya.

Yuliandi mengimbau kepada masyarakat agar dapat mendukung kegiatan bertarap internasional tersebut. Terlebih, gaung akbar ini, menurut dia, telah direncanakan jauh-jauh hari. Jika perhelatan akbar tersebut dapat berjalan dengan  sukses, dipastikan dia Kayong Utara menjadi destinasi wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah lain.

Semetara itu, sebelumnya Bupati Kayong Utara Hildi Hamid telah memastikan jika Surat Keputusan Presiden (Keppres) telah ditandatangani oleh Prrsiden. Kegiatan ini sendiri dipastikan akan dilaksanakan di Kayong Utara pada 15 Oktober mendatang, dengan harapan semua kegiatan pada Sail nanti dapat berjalan dengan baik dan sukses.

“Keppres sudah ditandatangani Presiden, dan akan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober tahun ini. Untuk itu, dalam waktu dekat pembangunan-pembangunan akan segera berlangsung untuk pelaksanaan Sail Selat Karimata,” tutupnya. (dan)

Berita Terkait