Sejangkung Banjir Lagi

Sejangkung Banjir Lagi

  Rabu, 24 February 2016 09:48
Foto Har/Pontianak Post

Berita Terkait

SAMBAS-Sebanyak 678 rumah dari 781 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah 2.828 jiwa di Desa Sepantai dan Desa Semangak, Kecamatan Sejangkung kembali dilanda banjir.Banjir kali ini diakibatkan, Sungai Sambas yang belum surut dari genangan air pada banjir beberapa waktu lalu harus kembali menerima banjir kiriman setinggi 1,5 meter dari jalan dan 30 cm didalam rumah.

Kepala Desa Semangak Jube Herzami kepada wartawan, Selasa (23/2) mengeluhkan kondisi desanya yang kembali diterjang banjir, kebetulan Desa Semangak dan Sepantai satu aliran sungai yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) dari Bengkayang."Belum habis surut akibat banjir beberapa waktu lalu, saat ini kita kembali diterjang banjir, bagaimana tidak berduka, karena saat ini ratusan rumah kembali digenangi air, "kata Jube.

Kini, tambah dia, dari informasi yang didapat, Sanggau Ledo dan Seluas Kabupaten Bengkayang mengalami banjir, karena dampak banjir di kabupaten tersebut akan mengalir ke Desa Sepantai dan Desa Semangak. "Saat ini kami siap-siap menghadapi banjir susulan, jika melihat kondisi air saat ini, ketinggiannya semakin naik, apalagi saat ini musim hujan, maka dapat dipastikan jumlah rumah, KK dan jiwa yang terendam banjir semakin bertambah, "ujarnya.

Banjir yang sama juga dialami Desa Sepantai, menurut Herlin Kades Sepantai, saat ini ketinggian air di desanya terus bertambah, kalau air bengkayang turun, apalagi diwaktu bersamaan hujan dan pasang sungai, maka air akan semakin meninggi. "Saat ini ketinggian air di desanya telah mencapai 1,5 meter, sedangkan dirumah warga mencapai 30 hingga 50 cm yang menggenangi 152 rumah dari 170 KK di Desa Sepantai," katanya.Jika hujan disertai pasang dan banjir kiriman datang,tambah dia, kemungkinan banjir akan bertambah, karena sebelumnya banjir mencapai 2 meter di desanya.

Dari jumlah total rumah dan KK yang terendam banjir di Dua desa tersebut, seseuai keterangan Jube Herzami Kades Semangak dan Herlin Kades Sepantai, bahwa jumlah rumah yang terendam banjir berjumlah 526 Rumah dan KK 611 dari 2.204 jiwa di Desa Semangak, sedangkan di Desa Sepantai, sebanyak 152 rumah, 170 KK dari 624 jiwa yang rumahnya terendam banjir. "Kami ke Sambas ingin mengurus bantuan warga ke Dinas Sosial, dan bantuan yang kami harapkan, seperti Sembako, obat-obatan, selimut dan kelambu, serta petugas kesehatan gratis, "harapnya. (har)

Berita Terkait