Segera Perbaiki Ban, Michelin!

Segera Perbaiki Ban, Michelin!

  Selasa, 12 April 2016 09:52
DEPAN: Andrea Dovizioso, pembalap tim Ducati saat berada di barisan depan balapan di Austin, Texas. GETTY IMAGES / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP

Berita Terkait

AUSTIN – Seri ketiga MotoGP di Circuit of the Americas (COTA), Austin, kemarin dini hari (11/4) menjadi peringatan keras buat Michelin. Pabrikan ban asal Prancis itu harus segera memperbaiki performa. Setiap pekan nyaris selalu terjadi insiden yang membahayakan nyawa pembalap. Kemarin sudah empat rider tumbang karena kehilangan grip roda depan.

Daftar korbannya adalah Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Cal Crutchlow, dan Bradley Smith. Itu hanya sebagian dari serangkaian insiden yang terjadi sejak uji coba pramusim. Ban meledak yang dialami Loris Baz dan Scott Redding, kecelakaan Jorge Lorenzo di seri kedua, lalu jatuhnya Marc Marquez dan Jack Miller dalam sesi free practice di Austin.

Minimnya grip ban depan Michelin memang sudah lama dikeluhkan rider. Tepatnya sejak pabrikan Prancis itu diumumkan sebagai pemasok ban tunggal MotoGP akhir musim lalu. Perfoma grip belakang lumayan mendapat pujian. Meski ban soft-nya mengalami degradasi parah pada sisi kanannya di sesi latihan hari pertama GP Austin.

Rossi mengakui telah melakukan kesalahan yang berakibat pada kecelakaan di lap ketiga. Namun menurutnya kesalahan yang sama tidak akan mengakibatkan rider celaka seandainya itu terjadi musim lalu. Ketika masih menggunakan Bridgestone. 

''Tentu situasinya berbeda dengan musim lalu,'' ucap Rossi kepada Motorsport. ''Bridgestone juga bermasalah pada beberapa hal, tapi tetap aman dengan ban depan,'' lanjut Rossi yang baru kali ini gagal finis sejak GP Aragon musim lalu.

Dengan Michelin, ucap Rossi, rider tidak boleh melakukan kesalahan sekecil apapun. Semuanya harus presisi ketika berakselerasi masuk dan keluar tikungan. Namun rider Italia itu tak sepenuhnya menyalahkan Michelin. Menurutnya rider dan tim juga harus beradaptasi dengan kondisi tersebut. 

Gagal finis di GP Austin Rossi kini bertengger di posisi tiga klasemen pembalap. Namun sudah tertinggal 33 poin dari jawara GP Austin kemarin Marc Marquez (Repsol Honda). Sedangkan Lorenzo di tempat keempat dengan selisih 12 poin dari Rossi.

Kecelakaan yang dialami Rossi juga menimpa rider Honda Dani Pedrosa. Petaka terjadi di tikungan pertama saat balapan masih menyisakan 15 lap. Pembalap Spanyol itu kehilangan kontrol pada roda depannya lalu terseret ke sisi trek. Di saat yang sama rider Ducati Andrea Dovizioso sedang melaju di depannya. Bagian depan motor Pedrosa menyapu motor Dovi hingga keduanya bertabrakan keras lalu terseret keluar trek. 

Pedrosa langsung menghampiri Dovi dan meminta maaf. Itu diulanginya lagi begitu sampai ke garasi. Dia mendatangi paddock Ducati untuk meminta maaf kepada Dovizioso. ''Mungkin aku terlalu merebah (di tikungan 1). Tapi itulah yang selalu terjadi degan ban (Michelin) ini. Ban sangat sensitif saat merespons tindakanmu di atas motor,'' terangnya.

Insiden kecelakaan yang tak kalah memilukan dialami dua pembalap satelit Cal Crutchlow (LCR Honda) dan Bradley Smith (Tech 3 Yamaha). Mereka juga kehilangan grip ban depan di tikungan 11. Kecelakaan terjadi tersebut hampir bersamaan hingga nyaris saja Crutchlow tersambar motor Smith dari belakang. 

Seperti musim-musim yang telah lewat, ban akan menjadi salah satu faktor penentu kemenangan di setiap balapan. Namun yang lebih penting dari itu adalah keselamatan rider di atas trek. Dari seluruh permukaan ban, hanya lima sentimeter yang menahan beban motor dan rider saat melibas tikungan dalam kecepatan tinggi. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika cengkeraman ban tiba-tiba amblas. (cak/na)

Berita Terkait