Segera Festival Kraton

Segera Festival Kraton

  Sabtu, 9 April 2016 09:37
BERFOTO BERSAMA: Pangeran Ratu Kertanegara Gusti Kamboja bersama istri diabadikan dengan laskar Keraton Matan Tanjungpura di depan Keraton di Kelurahan Mulia Kerta. AHMAD SOFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

KERATON Matan yang terletak di Kelurahan Mulia Kerta, Kecamatan Benua Kayong, merupakan salah satu dari beberapa bukti peninggalan Kerajaan Tanjungpura. Peninggalan tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Ketapang.

Melalui lembaga keratonnya yang berdiri pada 1999 silam, Ikatan Keluarga Besar Kerajaan Matan Tanjungpura (IKBKMT) berusaha untuk menjadikan Keraton Matan sebagai pusat informasi sejarah dan pusat budaya. Setiap harinya, peninggalan sejarah tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan luar maupun wisatawan dalam negeri. Kondisi ini tidak terlepas dari peran serta Pemerintah Daerah Ketapang.

Selain fisik dari Keraton itu sendiri yang menjadi perhatian Pemda Ketapang, melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga sejak 2011, hingga saat ini tidak pernah absen mengadakan kegiatan Festival Keraton Matan Tanjungpura. Tujuannya agar budaya yang ada di Kabupaten Ketapang ini selalu terjaga dan tetap terlestarikan. Di samping itu juga bagi para pegiat seni yang terhimpun di bengkel ataupun di sanggar-sanggar serta dalam kelompok seni itu sendiri, akan mampu berkarya dan meramaikan pentas seni serta berkompetisi.

Di tahun 2016, Festival Keraton Matan akan kembali digelar pada 15 – 22 Mei, bertempat di Kraton Matan Tanjungpura. Ketua panitia, Uti Assaji, mengatakan, ada beberapa pertandingan dan perlombaan, serta kegiatan pentas budaya juga akan masuk dalam rangkaian festival ini. "Selain itu, akan dilaksanakan kegiatan karnaval motor pawan hias pada hari pembukaan. Ditargetkan 100 kapal motor bisa ikut berpartisipasi dalam karnaval ini," katanya. (afi)

Berita Terkait