Segera Deteksi

Segera Deteksi

  Sabtu, 26 March 2016 10:55
Tjhai Chui Mie

Berita Terkait

MENGANTISIPASI penyebaran penyakit anjing gila atau rabies yang disebabkan gigitan anjing gila, Pemkot Singkawang melalui instansi terkait untuk mengambil langkah preventif seperti mensosialisasikan soal Rabies hingga deteksi dini jika ada temuan kasus.

“Harus ada upaya deteksi dini untuk pencegahan penyebaran penyakit rabies, jangan sampai ada warga Kota Singkawang menjadi korban,” ungkap Anggota DPRD Kota Singkawang Tjhai Chui Mie kepada koran ini kemarin.

Politisi PDI Perjuangan ini menyarankan Pemkot Singkawang tetap meningkatkan antisipasi terjadinya penyakit anjing gila atau Rabies. Bisa saja, kata dia, polanya dengan mensosialisasikan ke masyarakat terkait penyakit ini.

“Bagaimana pola penularan, ciri-ciri rabies dan kesehatan hewan ini harus diberitahukan ke masyarakat terutama di wilayah yang rawan penyebaran Rabies,” pintanya.

Selain itu, ia meminta Pemkot Singkawang melalui instansi berwenang melakukan koordinasi dan komunikasi ke seluruh masyarakat yang dimulai dari RT, Lurah hingga kecamatan. “Kita harapkan pada masyarakat, jika ada kasus segera laporkan, agar cepat ditanggulangi. Jangan sampai ada kejadian baru kalang kabut,” ujarnya.

Selain soal sosialisasi dan peringatan dini kepada masyarakat, ia juga menyarankan pihak terkait untuk perketat pengawasan perbatasan antara kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang, ini mengingat angka penyakit rabies di Bengkayang semakin merebak. “Minimal keluar masuk binatang juga bisa diawasi, karena tidak menutup kemungkinan penyakit Rabies yang dibawa anjing gila akan masuk ke Kota Singkawang. Mengingat di kabupaten Bengkayang sudah ada penyakit tersebut,” sarannya. (har)

Berita Terkait