Sedekah Membuat Rezeki Bertambah

Sedekah Membuat Rezeki Bertambah

Kamis, 20 Agustus 2015 03:12   920

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda Belanjakanlah hartamu, niscaya Kami beri belanja kepadamu (Mutaffak ‘alaih ). Sedekah itu tidak akan mengurangi harta ( HR.Muslim ). Hadis qudsi. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman Wahai anak Adam, berinfaklah, niscaya Aku akan berinfak pula kepadamu.  (HR.Muslim ). Harta tidak berkurang karena sedekah, atau sedekah tidak akan mengurangi harta. Dan Allah tidak menambah ampunan kepada seorang hamba melainkan itu merupakan kemuliaan. Dan tidaklah seorang hamba merendahkan diri melainkan Dia meninggikannya.(HR.Muslim – Turmuzi ).

Allah Subhanahu wa Ta'ala senantiasa menolong seorang hamba selama si hamba itu menolong saudaranya “ ( HR.Muslim – Abu Daud – Turmuzi – Ibnu Majah dan Ahmad ) Diantara contoh nyata.. Seorang security PLN di Jakarta ketika pulang malam membelikan 5 bungkus kopi  _ kepada temannya yang sedang duduk di gardu jaga. Ternyata diantara bungkusan kopi itu di dalamnya ada kupon tertulis “ Anda beruntung mendapat sepeda motor Yamaha Mio “. Salah seorang diantaranya melapor ke Satpam itu. Akhirnya sepeda motor itu dijual, dan uangnya dibagi rata berenam.

Dalam hadis lain Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda “ Tiadalah seseorang yang membuka pintu pemberian dengan sedekah atau menyambung tali silaturrahim,melainkan Allah akan menambah hartanya.” ( HR.baihaqi ). Sejarah telah mencatat, antara lain misalnya  Abdurrahman bin Auf  radhiallahu ‘anhu sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam yang kekayaannya melebihi seluruh kekayaan para sahabat. Ia pernah dalam satu kali duduk berinfak sebesar 40.000 dinar ( Rp 64 milyar ). Ustman bin Affan radhiallahu ‘anhu, sahabat Nabi Subhanahu wa Ta'ala yang kaya raya itu pernah memberi bantuan untuk keperluan perang melawan musyrikin, senilai 950 ekor unta dan 50 ekor kuda, serta uang 1.000 dinar. Bill Gate dan Warren Buffet (non muslim)-dua orang terkaya di dunia saat ini – siapa mengira ternyata mereka adalah dermawan terbesar abad ini. Donald Trump, ketika ia mengalami kebangkrutan pada tahun 1990-an, ia malah membagi-bagikan hartanya yang masih tersisa. Robert Kiyosaki pernah mengatakan “Jika Anda membangun bisnis yang melayani ribuan orang, maka sebagai timbal baliknya, Anda akan menjadi jutawan. Jika Anda membangun bisnis yang melayani jutaan orang, maka Anda akan menjadi miliarder”.

Karena itu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam menghasung pengikutnya untuk gemar bersedekah. Beliau Shallallahu ‘alaihi wassalam menjelaskan bahwa sedekah akan menjadi penghapus amal – amal keburukan dan penghalang dari siksa neraka. Semakin banyak sedekah yang diberikan, semakin besar pula pelindung yang akan menutupi anggota tubuh dari pedihnya siksa neraka. Karena itu Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda “ Selamatkanlah diri kalian dari siksa neraka walau hanya dengan sedekah sebanyak setengah biji kurma “ ( HR.Bukhari dari Adi bin Hatim ). Dalam qaidah Islam ada yang merumuskan “ Siapa yang banyak memberi, ia akan banyak menerima. Itulah hukum ajaib manajemen sedekah “. Antara lain simak dalam Al Lail ayat 4.Wallahu’alam.

Uti Konsen