Sebagian Dimasak dan Dimakan Bersama Warga

Sebagian Dimasak dan Dimakan Bersama Warga

  Rabu, 14 September 2016 09:36
KURBAN: Masyarakat bergembira melaksanakan ibadah pemotongan hewan kurban.

Berita Terkait

Momentum perayaan Idul Adha 1437 H berlangsung di belahan bumi mana saja. Yang pasti, Iduladha dirayakan khidmad dan gembira. Usai salah Id, berkumpul dengan keluarga kemudian melihat proses penyembelihan hewan kurban.

 

Wahyu Izmir,

 

Sadaniang & Toho

 

 

SEPERTI yang terlihat di perkampungan, wilayah kecamatan Toho dan Sadaniang. Mereka pun bergembira. Meski, mereka mualaf toh pelaksanaan hari iduladha sangat terasa. Para pengurus masjid dan pesantren pun menyembelih hewan kurban untuk di bagi-bagikan kepada masyarakat yang layak menerima.

Hikmadnya Iduladha 1437 H juga dirasakan masyarakat muslim mualaf yang ada diwilayah Kecamatan Toho dan Sadaniang. Kedua kecamatan yang mayoritas dihuni masyarakat non muslim itu merayakan hari raya qurban dengan penuh kebahagiaan dan kemeriahan.

Keberadaan muslim mualaf di Kecamatan Sadaniang dan Toho tersebar pada beberapa perkampungan. Seperti Dusun Tibo Sambas, Dusun Orek, Desa Sepang dan beberapa daerah lainnya. Jumlahnya masyarakat muslim mualaf pun bervariasi, mulai dari puluhan hingga ratusan kepala keluarga yang bermukim di wilayah itu.

Salah satunya, Dusun Pak Untang, Desa Pentek, Kecamatan Sadaniang yang seratus persen warganya merupakan muslim mualaf. Sebanyak 68 kepala keluarga menghuni salah wilayah kecamatan paling ujung di Kabupaten Mempawah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bengkayang.

Pada perayaan Idul Adha 1437 H ini, mereka akan menyembelih satu ekor sapi dan lima ekor kambing. Hewan kurban itu sendiri berasal dari ibadah kurban warga mualaf setempat dan ada pula bantuan dari pihak luar.

“Alhamdulillah, para Iduladha 1437 H ini ibadah kurban masyarakat mualaf meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hampir seluruh kampung di Kecamatan Sadaniang dan Toho melaksanakan ibadah qurban,” terang Ketua Persatuan Mualaf Kabupaten Mempawah, Ustaz Wan Usli berbincang kepada Pontianak Post, Selasa (13/9) pagi.

Tokoh agama di Kecamatan Sadaniang dan Toho itu mengatakan, ibadah qurban dipusatkan di masjid dan rumah-rumah ketua mualaf di setiap perkampungan. Disana, mereka akan melakukan penyembelihan hewan qurban dan membagi-bagikannya kepada masyarakat muslim lain diwilayah sekitar.

“Bahkan di Dusun Sinam, Desa Kepayang, pada Idul Adha 1437 ini mereka melaksanakan ibadah dengan menyembelih 3 ekor sapi dan 17 kambing. Hewan-hewan ternak itu selain kurban dari warga muslim mualaf setempat juga ada bantuan dari Jakarta,” paparnya.

Lebih jauh, Wan Usli menceritakan, perayaan momentum Idul Adha di kalangan masyarakat muslim mualaf tidak berbeda dengan masyarakat muslim umumnya. Dimulai dengan pelaksanaan shalat ied, kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban yang sejak jauh dari telah disiapkan.

“Tidak ada yang berbeda, sama saja dengan masyarakat muslim ditempat lain. Usai menyembelih dan membersihkan daging hewan kurban, kami menyisihkan daging untuk dimasak dan makan bersama. Karena, kabanyakan dari kami yang datang itu dari tempat pemukiman yang jauh,” tuturnya.

Wan Usli pun bersyukur dengan meningkatnya semangat berqurban dikalangan muslim mualaf di Kecamatan Toho, Sadaniang dan Anjongan. Dirinya berharap hal itu semakin memotivasi masyarakat muslim mualaf untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.

“Total masyarakat muslim mualaf di Kecamatan Toho ada 480 KK dan Sadaniang sebanyak 68 KK. Kami berharap pemerintah daerah, Kemenag, MUI dan organisasi-organisasi Islam lainnya agar dapat menempatkan da’i untuk pembinaan keagamaan bagi masyarakat kami. Sebab, masyarakat mualaf disini sangat membutuhkan bimbingan,” pendapatnya.

“Bukan hanya para orang tua dan dewasa, anak-anak kami juga membutuhkan wadah untuk menimba ilmu agama islam yang baik dan benar. Makanya, kami sangat berharap pemerintah daerah dapat membangunkan fasilitas ibadah baik itu masjid hingga TPA dilengkapi dengan pengajarnya,” tukasnya. (*)

Berita Terkait