SD Muhammadiyah 2 & SMP Muhammadiyah 1 Wow

SD Muhammadiyah 2 & SMP Muhammadiyah 1 Wow

  Minggu, 31 January 2016 13:57
SERAH HASIL KARYA: Perwakilan siswa Muhammadiyah menyerahkan hasil karya ilmiah berupa masukan untuk pembangunan di Kota Pontianak, kepada Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. IDIL AQSA AKBRAY/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Kegiatan Art, Science, and Technology Expo SD Muhammadiyah 2 dan SMP Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun 2016 resmi digelar. Acara ini dibuka langsung oleh wakil Wali Kota (Wawako) Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di kompleks perguruan Muhammadiyah Jalan A Yani, Sabtu (30/1).

IDIL AQSA AKBRAY, Pontianak

DALAM sambutannya, Wawako sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini. “Yang jelas saya menyatakan SD Muhammadiyah 2 dan SMP Muhammadiyah 1 Pontianak wow,” katanya.

Kegiatan ini dinilainya sangat luar biasa, sangat inspiratif, dan keratif. Menurutnya, penting sebagai wujud partisipasi sekolah menciptakan anak-anak didik yang lebih cerdas, terutama dalam mendapatkan pengetahuan. Dari sini, menurut dia, tentu pelajar dapat mengekspresikan diri dan memberikan sumbangsihnya kepada pemerintah. “Diharapkan bisa menjadi agenda tetap dan akan terus memberikan dampak yang luas baik secara internal maupun eksternal sekolah,” harapanya.

Kepala SD Muhammadiyah 2 dan SMP Muhammadiyah 1 Pontianak Slamet Rianto mengatakan jika kegiatan ini akan menjadi agenda rutin setiap dua tahun sekali. Dia pun sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung, mengapresiasi, serta memberikan sumbangsih dalam bentuk apapun. “Ini akan menjadi catatan sejarah dan pengalaman berharga bagi anak-anak didik kami,” terangnya.

Tentu, diungkapkan dia, tanggung jawab mencapai keberhasilan dalam pendidikan ada di tangan orang tua, pengajar, dan pemerintah. Karena itu, dia memastikan jika sekolah yang dipimpinnya ini selalu terbuka apabila ada masukan dari berbagai pihak. “Jika tanpa dukungan para stakeholder, tentu kegiatan ini tidak akan berjalan sesuai harapan,” ucapnya.

Harapannya melalui kegiatan ini anak-anak bisa mendapat pengalaman, belajar, dan berinteraksi secara langsung sesama siswa, pengajar, dan orang tua. Pengalaman tersebut, menurut dia, baik secara internal maupun eksternal sekolah. “Ini perlu dibangun untuk membentuk karakater, agar putra-putri kami mampu berinteraksi dengan masyarakat yang lebih luas,” ujarnya.

Ketua Panitia, Rustamaji, menambahkan kegiatan ini adalah upaya sekolah, dalam rangka menumbuhkembangkan rasa cinta akan seni dan budaya lokal. Selain juga, dia menambahkan, untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi anak didik sejak usia dini. “Terutama dalam bidang yang berorientasi kepada sains dan teknologi,” ucapnya.

Dalam kegiatan Art, Science, and Technology Expo ini, menurut dia, ada sekitar 14 instansi terkait yang mendukung. Kegiatan tersebut, diungkapkan dia, juga dimeriahkan oleh 25 stan yang membuka bazaar. Kegiatan ini, diharapkan dia, dalam rangka bersinergi, berkumpul, dan bersilaturahmi. “Kami dari Fakultas Teknik Untan merasa terpanggil untuk saling bertukar ilmu di sini,” ujar Dekan Fakultas Teknik Untan ini.

Di dalam kegiatan tersebut, mereka telah menyiapkan berbagai acara, baik bersifat intenal maupun eksternal. Bertajuk Cool Muhammadiyah Pontianak for Cool Indonesia, di antaranya menggelar pameran hasil karya seni dan sains siswa, aneka lomba seperti Muhammadiyah mencari bakat (MMB) tingkat SD dan SMP, Olimpiade Matematika, IPA dan IPS tingkat SMP, serta roket air tingkat SMP dan SMA. Selain itu juga ada rangking 1 SD dan SMP, dai muda tingkat SD dan SMP, nasyid tingkat SMP dan SMA, sinking boat tingkat SD, mewarnai tingkat TK, membatik tingkat SD, dan menulis cerpen tingkat SD. Ditambah ada parenting class, festival permainan tradisional, pameran instansi pendukung, serta bazaar makanan sehat dan tradisional yang akan berlangsung hingga, Senin (1/2) besok. (*)

Berita Terkait