Screamo, Siapa Takut?

Screamo, Siapa Takut?

  Selasa, 15 December 2015 06:45

Berita Terkait

Sering lihat cowok-cowok ngeband atau penyanyi screamo dengan aliran musik metal? Yap! Pasti kalian pernah melihat dong ya. Tapi kebayang nggak kalau aliran musik tersebut dibawakan oleh cewek dan bukan cowok? Nah, itu yang nggak biasa, tapi ada lho! Mau tahu siapa?

By: Diera Grandistasya

Namanya Aulia Wulandari Putri, cewek kelahiran Ketapang, 18 Januari 1997 ini adalah salah satu penyanyi yang aktif mengisi festival-festival hard rock. Siapa yang sangka cewek yang memilih aliran metal dalam bermusik ini justru dikenal pendiam dan pemalu oleh teman-temannya. Bahkan, orang tuanya sendiri baru mengetahui bakatnya belakangan ini. Padahal doi telah aktif bernyanyi di kontes-kontes sejak duduk di bangku SMP lho. Sempat diremehkan oleh kedua orang tua atas bakat bernyanyinya justru membuat Aulia semakin semangat berlatih. Ia pun tak pernah main-main, bahkan saking seringnya berlatih ia pernah berobat ke rumah sakit karena tenggorokannya berdarah.

Meskipun tergabung dalam suatu band yang dinamakan Immortal, cewek penyuka warna biru navy ini lebih sering mengikuti lomba bernyanyi solo dan mengisi acara di café. Soal aliran, ia mengaku bisa kondisional, namun ketika disuruh memilih Aulia dengan lantang memilih Pop Rock dengan alasan dapat mewakili isi hati. Doi merasa pede ketika berada di panggung dan membawakan aliran musik tersebut. “Aku memang pemalu dan nggak banyak bicara tapi ketika berada di panggun, aku dapat mengekspresikan diri tanpa rasa malu seperti biasanya,” ucapnya.

Prestasi-prestasi yang ia ciptakan merupakan bukti dari keseriusannya berlatih bernyanyi sejak SMP secara otodidak. Ia sering memenangkan kontes bernyanyi di Ketapang dan Pontianak, beberapa prestasinya yaitu memenangkan juara pertama akustikan dalam rangka Bulan Bahasa se-kota Ketapang pada tahun 2012, juara 3 akustikan tahun 2013 dalam rangka Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), juara 2 Bintang Pelajar tahun 2011, juara 2 penyanyi solo dalam event Ganbatte Matsuri tahun 2015.

Pengalaman menarik dari cewek yang piawai memainkan alat musik gitar ini adalah ketika doi ditantang untuk ikut lomba menyanyikan lagu daerah melayu dalam rangka Dies Natalis Kampus Oren, FKIP Untan. “Wah, itu pengalaman yang nggak akan pernah aku lupain. Aku membawakan lagu “Lancang Kuning” dari kota Sambas. Ternyata bawain lagu melayu itu lebih susah dibandingkan harus scream. Haha,” ujarnya diikuti gelak tawa. Ia pun dituntut harus menari di atas panggung saat perlombaan itu. Bisa dibayangkan kan seorang cewek dengan aura rocker yang biasanya menyanyi jingkrak-jingkrak dan teriak-teriak, harus menari dan menyanyikan lagu melayu di atas panggung. Tapi siapa sangka, Aulia berhasil menghipnotis penonton dan membuahkan tepuk tangan yang memecahkan keheningan. Meskipun doi kurang beruntung memenangkan lomba kontes FKIP IDOL tersebut, Aulia merasa sudah cukup puas dengan pengalaman baru yang didapatnya. Berkat kontes itu, ia sekarang tidak kagok lagi jika harus menyanyikan lagu melayu.

Ia pun punya harapan untuk musik di Pontianak ini. “Semoga semua musisi yang ada di Kalbar mampu mengekspresikan diri dengan karya yang tak henti. Jangan terlalu mengikuti selera pasar, tapi ikuti passion musik kalian sendiri,” ungkapnya. Dalam waktu dekat cewek penyuka ayam goreng ini tengah mempersiapkan diri dalam X-Fast Metal III yang akan diselenggarakan awal tahun depan. Good luck for you, Aulia!**

 

Berita Terkait