Saut Situmorang Terbukti Langgar Kode Etik

Saut Situmorang Terbukti Langgar Kode Etik

  Kamis, 4 Agustus 2016 10:42
Saut Situmorang

Berita Terkait

Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Saut Situmorang terbukti melakukan pelanggaran sedang. Keputusan diambil menyusul pernyataan wakil ketua KPK‎ itu dalam sebuah acara televisi soal Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) beberapa waktu lalu. 

"Menyatakan terperiksa SS secara sah dan meyakinkan terbukti melakukan pelangaran sedang," kata Ketua Komite Etik, Buya Syafi'i Maarif dalam keterangan pers di KPK, Rabu (3/8). 

Komite etik menyatakan Saut terbukti melanggar UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK dan Peraturan KPK Nomor 7 Tahun 2013. Karena itu, Saut diberikan sanksi peringatan tertulis dari komite etik. 

Buya mengatakan, Saut diwajibkan memperbaiki sikap, tindakan, dan perilaku sebagai pimpinan KPK. Mantan staf ahli Badan Intelijen Negara (BIN), itu juga dilarang bersikap diskriminatif serta melecehkan lembaga atau pihak berdasarkan ras, usia, atau status ekonomi. 

"Bersikap lebih hati-hati dalam menjalin hubungan dengan kelompok yang dapat mengganggu kemandirian dan independensi," papar Buya. 

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, komite etik terkait sikap Saut dibentuk pada 29 Juni 2016. Komite itu terdiri atas tujuh orang dari internal dan luar lingkungan KPK. Selain Buya, mereka adalah Imam Prasodjo, Romo Frans, Erry Riana Hardjapamekas, Natalia Subagjo, dan Romo Magnis‎. Sementara dari internal KPK diwakili Agus Rahardjo dan wakilnya Alexander Marwata. "Keputusan diambil dengan mufakat," ujar Agus. 

Pada Mei 2016, Saut Situmorang mengeluarkan pernyataan yang dianggap menyudutkan organisasi HMI. Dalam program Benang Merah TV One, Saut menyebut kader HMI yang sudah mengikuti Latihan Kader (LK) I kemudian menjadi pejabat melakukan korupsi. 

Saut kemudian meminta maaf dengan alasan mengeluarkan pernyataan tersebut di luar kesadarannya. Akibat ulah Saut itu, massa HMI menggeruduk gedung KPK dan merusak sejumlah fasilitas di sana. (put/jpg) 

 

Berita Terkait