Sasar Desa Di Lima Kecamatan

Sasar Desa Di Lima Kecamatan

  Rabu, 6 April 2016 09:22
ARSIP MASUK DESA: Salah satu kegiatan Arsip Masuk Desa. OZY/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SAMBAS - Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sambas. Di tahun ini  memprogramkan kegiatan arsip masuk desa. Hal ini dalam rangka meningkatkan keterampilan dalam mewujudkan tata kelola arsip desa yang semakin efektif dan akuntabel.

Kepala Seksi Pembinaan, Pengembangan SDM dan Pelayanan Informasi Arsip Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah, Risna mengatakan sosialisasi kegiatan arsip masuk desa sedang dilaksanakan unit kerjanya. Di tahun ini, sasarannya lima kecamatan.

“Kegiatan arsip masuk desa ini kita laksanakan di lima kecamatan diantaranya Kecamatan Sajad, Kecamatan Tangaran, Kecamatan Tekarang, Kecamatan Jawai Selatan dan Kecamatan Sejangkung,” kata Risna, diruang kerjanya, Senin (4/4).

Di Kecamatan Sajad, sebutnya, sosialisasi arsip masuk desa dipusatkan di Desa Tengguli yang dilaksanakan Rabu (30/3). Pertemuan dihadiri para Sekretaris Desa yang ada di Kecamatan Tengguli dengan Narasumber Kasi Pembinaan, Pengembangan SDM dan Pelayanan Informasi Arsip Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sambas.

“Arsip masuk desa ini memang kita prioritaskan kepada sekretaris desa, karena kendali surat menyurat atau pengarsipan jika di Desa mayoritas didominasi sekretaris desa, sehingga kegiatan ini kami pandang sangat penting guna memberikan pemahaman kepada SDM Aparatur Desa terkait pengarsipan,” kata Risna.

Di kecamatan Tangaran, dijadwalkan Selasa (5/4) yang dipusatkan di Desa Simpang Empat.  Kecamatan Tangaran dijadwalkan Kamis (7/4) di Desa Tekarang. Sedangkan Kecamatan Jawai Selatan dan Kecamatan Sejangkung, penjadwalannya masih menunggu pembahasan dan koordinasi lebih lanjut yang dilakukan tim Arpusda Kabupaten Sambas.

“Untuk kecamatan Jawai Selatan dan Sejangkung, Insya Allah kita harapkan tetap bisa kita gelar pada April ini, paling tidak kita targetkan pada pertengahan dapat dilaksanakan kegiatannya,” katanya.

Ditambahkan Risna, tujuan kegiatan Arsip masuk desa memberikan pemahaman dan upaya meningkatkan keterampilan dalam mewujudkan tata kelola arsip desa yang semakin efektif dan akuntabel. Sasarannya, agar tercipta pembinaan yang terpadu dan menyeluruh supaya pengelolaan kearsipan dapat dilaksanakan atau terwujud disemua desa dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas.(PK/***)

Berita Terkait