Sariawan Sepanjang Lidah

Sariawan Sepanjang Lidah

  Minggu, 14 February 2016 08:29

Berita Terkait

KONSULTASI GIGI

Tanya:

Dokter, kalau sariawan ini terjadi biasanya sariawannya adalah sepanjang lidah dan lebarnya 1,5 cm dan berlangsung selama 3 minggu.

 

M, Pontianak

 

Jawab:

Bentuknya gimana, panjang beraturan apa tidak? Bagaimana juga warnanya, merah atau putih, atau lainnya, yah memang sariawan itu tidak bisa dianggap enteng. Soalnya banyak kasus kelainan mulut karena banyak faktor juga yang diawali dengan sariawan karena sariawan jangan dianggap remeh!

Apa sih sariawan itu? (dalam bahasa kedokteranya disebut dengan stomatitis apthouse), sariawan merupakan suatu lesi/gejala yang tampak pada lidah/pipi/gusi dan sekitar mukosa mulut yang berupa ulserasi (lekukan yg cukup dalam) disertai dengan luka pada mukosa mulut, biasanya juga disertai dengan rasa sakit ataupun rasa seperti terbakar (burn sensation).

Kenapa bisa terjadi sariawan? Belum bisa dipastikan apa penyebab utama sariawan. hanya saja terjadinya sariawan biasanya dipicu dari reaksi imunologis tubuh manusia yang abnormal. jadi kondisi ini (penyakit sariawan) bisa menyerang siapa saja, baik tua juga anak ataupun orang muda.

Sariawan juga akan timbul pada keadaan stress yang berlebih, hal ini karena adanya gangguan ketidakseimbangan hormon tertentu pada tubuh. Sariawan juga mudah terjadi pada orang dengan kondisi oral hyegne yang buruk (kesehatan gigi dan mulutnya yang rendah).

Pada kasus-kasus terjadinya kanker rongga mulut, biasanya sariawan bisa terjadi sebagai lesi awal dan biasanya bersifat kambuhan (lebih dikenal dengan stomatitis apthouse rekuren/cancer sores). Selain itu juga pada penderita kasus HIV/AIDS sariawan muncul sebagal lesi awal dari pembentukan terjadinya infeksi jamur pada rongga mulut (candidiasis).

Pada kasus terjadinya penyakit genetik (contohnya, Syndrom steven Johnson) sariawan muncul sebagai awal lesi terjadinya Infeksi Herpes Simplex rekuren. Oleh karena itu penting sekali dalam memahami terjadinya sariawan. Bagaimana penanganannya? Sariawan untuk kasus2 yang normal, sangat mudah untuk dikontrol pengobatan juga pencegahannya.

Sedangkan untuk kasus yang lebih berat dan memperburuk kondisi penderita biasanya penanganan lebih kompleks. Untuk itu bila terjadi sariawan pada rongga mulut anda, segeralah mengobatinya dengan obat kumur (misalnya klorheksidin), perbaiki kembali oral hyegene pada rongga mulut anda, tingkatkan asupan gizi dan vitamin untuk kebutuhan tubuh anda.

Bila perlu segera lakukan konsultasi pada dokter gigi untuk mendapatkan informasi yang tepat. Karena untuk mendiagnosa apakah sariawan tersebut berbahaya atau tidak, membutuhkan perlakuan (tes laboratorium, tes patologis, dll) dan pertimbangan yang cukup matang. Semoga dapat menjawab pertanyaan anda, terimakasih. (*)

 

Berita Terkait