Santo Pun Akhirnya Angkat Kaki

Santo Pun Akhirnya Angkat Kaki

  Selasa, 1 December 2015 11:11

Berita Terkait

SEVILLE --Selepas kekalahan 0-1 melawan Sevilla di Ramon Sanchez Pizjuan dinihari kemarin (30/11), pelatih Valencia Nuno Espirito Santo masih bersikap biasa kala melakukan konferensi pers.“Mereka adalah lawan yang bagus, dengan pemain dan pelatih yang bagus. Namun, kami akan segera merespon kekalahan ini,” janji Nuno dalam konferensi pers seperti dilansir Football Espana.

Namun, beberapa saat kemudian, Nuno membuat hal mengejutkan dengan mengumumkan bahwa dia mengundurkan diri dari klub berjuluk Los Ches itu. Pelatih asal Portugal itu menjelaskan bahwa dia sudah berbicara dengan Peter Lim (Presiden sekaligus owner klub) untuk mengutarakan keinginannya.“Para pemain tidak tahu keputusanku hingga sekarang. Aku hanyalah seorang pegawai dan aku ingin berterima kasih. Adalah kehormatan bisa menangani klub seperti Valencia,” bebernya.

Menggantikan Juan Antonio Pizzi di musim panas tahun lalu, Nuno sukses membangkitkan kembali Valencia yang pada musim sebelumnya hanya menghuni peringkat kedelapan masuk ke kompetisi Liga Champions dengan berada di peringkat keempat dengan mengantongi 22 kemenangan, 11 seri, serta lima kali kalah. Kekalahan paling sedikit kedua setelah sang pemuncak klasemen Barcelona.

Prestasi itu membuat kontrak Santo, sebutan bagi orang suci, panggilan lain dari Nuno karena keberhasilannya di musim 2014-2015, yang sebelumnya berdurasi semusim diperpanjang hingga 2018 mendatang.  Namun, di musim ini, Nuno mulai menuai kritik seiring dengan pembelian gila-gilaan terhadap tiga pemain, antara lain duo striker Alvaro Negredo (Manchester City), Rodrigo (Benfica), serta bek tengah AS Monaco Aymen Abdennour yang semuanya menghabiskan dana hingga EUR 82 Juta atau RP 1,19 Triliun.

Pembelian besar itu faktanya tidak berhasil mengangkat performa Valencia. Di La Liga, Paco Alcacer dkk begitu terseok-seok karena berada di peringkat sembilan serta baru mendapatkan dua kemenangan dari lima pertandingan terakhir.Adapun di Liga Champions, penampilan Valencia yang sempat memikat ketika mempecundangi Monaco di fase playoff dengan agregat 4-3 begitu gembos di penyisihan grup. Mereka tertahan di peringkat ketiga Grup H dengan mengumpulkan enam poin hasil dari dua kemenangan. Karena itu, tidak heran kemudian fans Valencia pun mulai kehilangan respek terhadap entrenador berusia 41 tahun. Bahkan, mereka sudah meneriakkan agar Nuno segera angkat kaki dari Mestalla.

Puncaknya adalah kekalahan kontra Sevilla dinihari kemarin. Gol yang dicetak oleh Sergio Escudero di menit 50 makin membenamkan Valencia yang sudah kehilangan Javier Fuego dan Joao Cancelo yang diusir oleh wasit Carlos Velasco Carballo karena mengantongi dua kartu kuning.“Sangat penting bagi Valencianismo tetap bersatu dan mempercayai skuad muda Valencia ini,” ujar Nuno kembali. “Aku berharap aku sudah memberikan sesuatu kepada para pemain sehingga itu bisa menjadi keuntungan mereka di masa depan,” paparnya.

Valencia pun langsung bergerak cepat untuk mencari pengganti Nuno. Marca melaporkan, sudah ada dua nama ke meja Lim untuk segera dikontrak. Yang pertama adalah eks pelatih Qatar Lekhwiya Michael Laudrup serta mantan entrenador Barcelona Frank Rijkaard.Dari kedua nama itu, Rijkaard yang dinilai paling berpeluang. Pernah melatih klub sebesar Barcelona serta memberikan dua titel La Liga serta gelar Liga Champions selama 2003-2008 menjadi faktor utama untuk menjadikannya kandidat pertama dalam daftar. Namun, Valencia belum memberikan konfirmasi lebih lanjut mengenai siapa yang bakal menggantikan Nuno. Football Espana melansir, latihan perdana Valencia kemarin pasca kepergian Nuno dipimpin oleh Phil Neville yang bertindak sebagai pelatih karteker serta dibantu oleh pelatih Valencia B Curro Torres. (apu)

Berita Terkait