Sanksi Tegas Polisi Pakai Narkoba

Sanksi Tegas Polisi Pakai Narkoba

  Jumat, 22 April 2016 09:21
AKBP Sudarmin SIK

PUTUSSIBAU—Menyatakan perang melawan narkoba, Polres Kapuas Hulu tidak tebang pilih dan itu terbukti, dari 60 anggota yang sudah di test urine, lima orang dianranya diduga positif menggunakan Narkoba.

 Kapolres Kapuas Hulu AKBP Sudarmin SIK memastikan akan menindak tegas anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba, karena itu bisa berdampak negatif pada Korps Bayangkara.

Pada kegiatan Operasi Bersinar 2016, Kepolisian Resor (Polres) Kapuas Hulu menindak lima anggota yang terindikasi melakukan penyalahgunaan narkoba. Ini menunjukan, dalam operasi bersinar ini polisi tidak hanya melakukan penindakan pada masyarakat, tapi penindakan kedalam jajaran Polres Kapuas Hulu juga dilakukan, seperti penyalahgunaan narkoba dan pelanggaran-pelanggaran lainnya.

“Siapa pun yang mengedar dan menggunakan narkoba tetap kami tindak tanpa tebang pilih,” ungkap Kapolres, Rabu (20/4). Seperti penindakan terhadap lima anggota Polres Kapuas Hulu setelah yang diperiksa urinenya. Dari 60 anggota yang diperiksa lima antaranya terindikasi sebagai pemakai narkoba jenis sabu.“Untuk anggota belum semua dites, yang dites kemarin ada 60 anggota,” tutur Sudarmin.

Ternyata, kata dia, lima anggota yang positif. “Dalam melaksanakan tes kami gunakan sistem skala perioritas,” terang  Sudarmin. Kelima tersangka saat ini sudah berproses dan dilimpahkan ke Polda Kalbar untuk direhabilitasi. “Terhadap kelima anggota ini, kami sudah berkoordinasi dengan Polda Kalbar untuk ditindaklanjuti upaya rehabilitasi, kegiatan sepenuhnya ditangani Mapolda,”ungkapnya.

Selain masalah Narkoba, masalah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) juga menjadi perhatian serius korps Bayangkara dibawah komando jebolan Akpol 1997 ini.  Berbagai upaya telah dilakukan, termasuk menjalin komunikasi intensif dengan pemerintah daerah.  Dan menggerakan polsek-polsek di wilayah Hukum Mapolres Kapuas Hulu untuk bekerjasama dengan kecamatan dan perangkat desa. “Masalah Karhutla juga merupakan salah satu tugas dari pimpinan. Kami sudah lakukan koordinasi dengan berbagai pihak,” jelasnya.

Demikian juga dengan tertib lalulintas, jajaran Polres Kapuas Hulu juga terus melakukan pendekatan kepada masyaraka, agar mentaati rambu-rambu lalulintas dan melengkapi diri dengan dokumen serta kelengkapan lain seperti helm, kaca sepion dan lainnya.(aan)