Sanksi Pembuang Sampah

Sanksi Pembuang Sampah

  Senin, 4 July 2016 09:50
SEMAKIN BANYAK: Tumpukan sampah di Jalan Lingkar Kota semakin banyak. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin jalan tersebut akan menjadi tempat pembuangan sampah. AHMAD SOFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

TOKOH pemuda Ketapang, Susilo Aheng, menyayangkan, budaya membuang sampah sembarangan masih banyak ditemukan di Ketapang. Salah satunya, disebutkan dia, dapat ditemui di Jalan Lingkar Kota. Lokasi ini, menurut dia, telah dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, bahkan sampah menumpuk di sepanjang jalan yang sepi tersebut.

Menurutnya, budaya menjaga kebersihan lingkungan masyarakat masih rendah. "Kita prihatin jika melihat Jalan Lingkar Kota. Banyak sekali sampah di tepi jalan. Entah siapa yang membuangnya. Tapi yang jelas yang membuang sampah di situ memiliki budaya menjaga kebersihan yang rendah," katanya, kemarin (3/7).

Ia menjelaskan, yang membuang sampah di lokasi tersebut diduga kuat tidak hanya dilakukan oleh satu orang, melainkan banyak. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya sampah yang menumpuk di tepi jalan. "Kalau sampah satu orang tidak mungkin sebanyak itu. Pasti banyak orang yang membuang di situ," jelasnya.

Ia menjelaskan, tidak hanya di satu titik, namun ada beberapa titik yang menjadi lokasi pembuangan sampah. Bahkan, sampah sampai menumpuh di bahu jalan. Hal ini tentunya sangat mengganggu pengendara yang melintas. Selain itu baunya juga cukup menyengat. "Sepertinya sudah berlangsung lama kalau dilihat dari tumpukan sampahnya," ujarnya.

Ia berharap kepada Pemerintah Daerah untuk mengambil langkah tepat mengatasi aksi buang sampah di Jalan Lingkar Kota. Karena jika dibiarkan hal tersebut akan menjadi kebiasaan dan akan lebih banyak lagi diikuti oleh warga lainnya. "Sekarang saja sudah banyak, apalagi sampai dibiarkan. Segera ambil langkah tepat untuk mengatasi permasalahan ini," pintanya.

Bahkan, lanjutnya, jika memang perlu, diberikan sanksi kepada warga yang ketahuan membuang sampah di lokasi tersebut. "Sudah jelas lokasi tersebut bukan tempat pembuangan sampah. Jadi, siapa yang kedapatan membuang sampah di situ, diberikan sanksi saja sebagai efek jera. Juga sebagai peringatan buat yang lainnya," tutupnya. (afi)

Berita Terkait