Sambut Natal Penuh Suka Cita

Sambut Natal Penuh Suka Cita

  Rabu, 23 December 2015 07:19

Berita Terkait

TAK terasa Natal sudah hampir di depan mata. Rasa suka cita dalam menyambutnya pun telah terasa sejak beberapa minggu belakangan. Tentunya dengan dekorasi pohon natal, salju, boneka Santa Claus, hadiah, gantungan kaus kaki serta kerlipan lampu-lampu nan indah yang telah menghiasi gereja, sekolah dan beberapa pusat perbelanjaan. Orang Muda Katolik (OMK) Bunda Maria Jeruju juga merasakan suka cita yang sama mendalam untuk menyambut datangnya Natal. Berbagai persiapan dan kegiatan pun mulai dilakukan. Lantas, persiapan dan kegiatan apa saja yang telah dipersiapkan oleh komunitas yang juga merupakan organisasi aktif di kalangan anak muda katolik ini? Yuks, kita kepoin. By : Ghea Lidyaza Safitri

Dalam menyambut datangnya hari raya Natal, OMK Bunda Maria Jeruju yang telah berdiri sejak 28 April 1979 ini juga tengah melakukan berbagai persiapan. Meski persiapan yang dilakukan masih menggunakan konsep yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi tidak menyurutkan langkah seluruh anggota komunitas yang juga memiliki motto “Hidup Untuk Melayani” untuk dapat melakukan dan memberikan nuansa Natal terbaik. Tentunya dengan penuh khidmat lewat dekorasi gua natal, pohon natal serta hiasan-hiasan khas natal yang juga akan mempercantik gereja. Kemudian pada malam Natal akan dilakukan kegiatan berkumpul bersama di gereja sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Juru Selamat yang telah lahir.
Memaknai hari Natal yang akan hadir dua hari mendatang, komunitas yang diketuai oleh Marselinus Willy Cendikiawan ini juga merupakan organisasi gereja dengan misi menjadi pioneer gereja atau sebagai pondasi tiang gereja dalam berkarya dan menjadikan generasi anak muda yang peduli tentang iman dalam gereja Katolik. Serta dapat membantu setiap pastor, suster, dewan pastoral paroki serta umat dan sesama orang muda yang ada di Gereja Bunda Maria Jeruju atau di luar, mereka mengungkapkan jika Natal dapat menyongsong Sang Juru Selamat yang telah lahir dengan hati yang baru. Jadi bukan hanya identik akan pakaian serba baru. Karena yang terpenting adalah suka cita dan damai sejahtera yang tercipta.
“Tradisi kami setiap malam Natal biasanya berkumpul. Kemudian akan dilakukan kegiatan berkunjung ke pastoran, susteran, ke rumah teman dan umut untuk bertemu dan mengucapkan selamat Natal,” ujar Cessnia Selzi selaku anggota aktif OMK Bunda Maria Jeruju ini. Tambah Cessni sebenarnya mereka juga memiliki cara unik dalam menyambut Natal yakni dengan membuat film pendek seperti tahun lalu yang berjudul “Seminggu Menjelang”. Sayangnya, kegiatan pembuatan film nggak dapat terelisasi karena keseluruhan anggota akan menghadiri kegiatan Nyarumkop.
Hingga saat ini jumlah anggota yang bergabung sebanyak 40 dengan 30 orang adalah anggota aktif. Rencananya seluruh anggota OMK Bunda Maria Jeruju akan menghadiri acara Nyarumkop dalam rangka Hari Orang Muda Katolik Keuskupan Agung Pontianak (HOMK-KAP). Disini peserta akan berkumpul bersama satu keuskupan agung Pontianak. “Intinya lebih mempererat tali persaudaraan antara OMK yang ada di Pontianak lewat lomba foto, membuat film pendek, lomba video ucapan HOMK-KAP dan karya tulis. Tema kegiatan lebih mengenai kitab suci untuk menyadarkan para anak muda agar lebih dapat mendekatkan dan mengenal kitab suci. Kegiatan akan berlangsung pada tanggal 3-5 Januari 2016 dengan diisi beragam kegiatan retret pada umumnya. “Yang pasti disini kami dituntut untuk mempunyai sikap kesederhanaan,” tambah Cessni.
Kedepannya OMK Bunda Maria Jeruju berharap agar bisa menjadi OMK yang lebih baik dan bisa menjadi pedoman anak muda yang ada disini. Selain itu bisa juga mengajak anak muda lain yang ada di lingkungan gereja Bunda Maria untuk bergabung dan bersama-sama lebih mengimani iman gereja Katolik dan berkarya bagi gereja. “Semoga juga bisa lebih aktif atau peka dengan isu-isu yang berkembang saat ini agar tidak salah langkah ke hal yang negatif serta lebih peduli dan menghargai antar sesama umat beragama. Marry Christmas all,” tutupnya. **

 

Berita Terkait