Sambut Imlek, Tim HDCI Touring ke Palangkaraya

Sambut Imlek, Tim HDCI Touring ke Palangkaraya

  Senin, 8 February 2016 09:45
Mirza/Pontianak Post BERSIAP: Rombongan HDCI Pontianak Touring ke Kalimantan Tengah

Momentum perayaan imlek dimanfaatkan pecinta motor gede (moge) yang tergabung dalam Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Kota Pontianak melakukan touring ke Provinsi tetangga. Sebanyak 15 moge menjajal jalan Kalimantan pada ekpedisi yang dimulai dari tanggal 6 sampai 9 februari 2016 itu.

Mirza Ahmad Muin, Pontianak

Waktu menunjukkan pukul 5 pagi, sebagian langit juga masih sedikit gelap. Di waktu itu, suasana di jalanan Kota Pontianak masih sepi dari hiruk pikuk kebisingan gaungan kendaraan. Terlihat benderang cahaya lampu kota juga belum dimatikan, hal itu dimanfaatkan petugas kebersihan melakukan kewajiban pagi hari menyisiri tepi jalan raya untuk membersihkan sampah.  

Sama seperti di jalan utama Pontianak, suasana sepanjang Jalan Turnojoyo juga masih sepi. Hampir 90 persen rumah warga masih tertutup rapat. Namun sesampai di ujung jalan, terlihat belasan moge bermacam model dan warna terparkir di depan halaman rumah yang cukup besar. Belasan moge itu tentu ada pemiliknya. Diketahui, rupanya mereka tergabung dalam HDCI Pontianak. Berkumpulnya mereka si sana, guna mempersiapkan keberangkatan ke beberapa wilayah dengan menunggangi moge, yaitu Palangkaraya dan Sampit, Provinsi Kalimantan Tengah.

“Tour provinsi tetangga kami lakukan dalam momemn imlek. Pagi ini (Sabtu) rencananya kita akan menjajal jalan Kalimantan. Untuk rutenya Pontianak-Sampit, Sampit-Palangkaraya. Tour ini dimulai tanggal 6 dan kembali ke Pontianak 9 Februari 2016,” ucap Ketua HDCI Pontianak, yang disapa bro Mahendra kepada Pontianak Post.

Dijelaskan dia ada 15 anggota HDCI Pontianak ikut berpartisipasi. Untuk mempersiapkan tour ini sebelumnnya tidak ada rencana dan sifatnya dadadakan. Meski dadakan, namun mereka telah mempersiapkan semuanya dengan matang. Baik dari segi fisik masing-masing pengendara sampai pada tunggangan yang dikendarai untuk menempuh ratusan kilometer jalan Kalimantan di rasa telah siap. “Ketika di jalanan, paling penting adalah menghormati sesama pemakai jalan,” ungkapnya.

Rerata tunggangan moge tersebut ber cc besar. Paling kecil 1500 cc. Untuk tipe motornya bervariasi, mulai dari model sport sampai klasik ada di sini. Tergantung minat anggota HDCI. Meskipun namanya HDCI, namun moge bermerek BMV, Honda dengan cc besar juga ada di sini.

Selain melakukan touring, rupanya HDCI juga memiliki agenda tahunan berskala internasional. “Nama agenda itu Borneo Island International Bike Festival. Rencana tahun ini diadakan 27 April sampai 5 Mei 2016 di Kinabalu, Sabah. Even tahunan ini akan diikuti banyak peserta penunggang moge,” ungkapnya.

Anggota HDCI Pontianak lanjutnya berasal dari berbagai kalangan dan lapisan. Dengan kesamaan hobi pecinta moge, maka tergabunglah nereka di HDCI, dengan rerata usia diatas 4 tahun.

Dalam persiapan touring ini, ia meminta kepada semua anggota HDCIuntuk berbekal jas hujan. Pasalnya, bebebarap hari terkahir Kota Pontianak sering di guyur hujan. Tidak menutup kemungkinan ketika diperjalan hujan juga mengguyur para biker ini. “Jika nyatanya hujan lebat kami kemungkinan juga akan berhenti, tujuannya tentu untuk menjaga keselamatan berkendara,” terangnya.

Touring kali ini lanjutnya, akan di komandoi anggotanya, yaitu Bro Faris. Tujuan pemimpin tentu untuk menjaga teman-teman di belakang agar tidak tertinggal. Sebelum keberangkatan tim HDCI Pontianak berdoa dan saling berkoordinasi untuk titik-titik pemberhentian istirahat. Setelah persiapan itu dilakukan, masing-masing pengendara naik ke kudabesi ber CC besar itu dan memulai petualangannya.***