Sambut 1 Syawal; Umat Muslim Salat Id di Apron Hanggar Lanud Supadio

Sambut 1 Syawal; Umat Muslim Salat Id di Apron Hanggar Lanud Supadio

  Jumat, 30 June 2017 13:35
Ratusan masyarakat sekitar Lanud Supadio gelar salat Idulfitri di Apron Hanggar Lanud Supadio

Berita Terkait

SUNGAI RAYA – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Minggu (25/6) Apron Hanggar Lanud Supadio dipenuhi masyarakat muslim termasuk jajaran Lanud Supadio untuk salat idul fitri 1438 Hijriah. Sejak pukul 05.30 jemaah salat mulai mendatangi Apron Hanggar Lanud Supadio dan langsung mengisi saf atau barisan salat yang telah disediakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Lanud Supadio. 

“Salat idul fitri bersama ini merupakan salah satu tradisi tahunan di Lanud Supadio, kami harap dengan suasana kebersamaan ini silaturahmi kita sesama muslim dan antar umat beragama selalu erat terjaga,” kata Danlanud Supadio, Marsekal Pertama TNI Minggit Triwibowo, S.IP sebelum pelaksaan salat  idul fitri.

Dikesempatan yang sama, atas nama jajaran Lanud Supadio, Minggit juga mengucapkan Selamat Idul Fitri disertai dengan harapan dan doa semoga amal ibadah yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan dapat diterima Allah Subhanahuwata’ala.

Menurutnya, Idul fitri memiliki makna mendasar yang diyakini dapat mengembalikan manusia pada kefitrahan, bersih dari segala dosa, setelah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan.   Keyakinan itu diharapkan semakin memantapkan langkah umat muslim termasuk jajaran Lanud Supadio untuk melaksanakan tugas mulia yang diberikan bangsa dan negara.   

Danlanud menambahkan bahwa bulan ramadan merupakan bulan penuh barokah, pahala dan ampunan, serta bulan pelatihan. “Selama ramadan kita dilatih untuk menahan hawa nafsu.  Hal ini dimaksudkan agar disebelas bulan berikutnya kita mampu menahan hawa nafsu.  Dengan berhasilnya kita melewati fase latihan ini, saya yakin bahwa kita akan lebih mudah menjalani kehidupan selanjutnya,” ujarnya.  

 Dengan tuntasnya pelaksanaan ibadah puasa maka banyak hikmah yang telah dipetik. “Harapan saya dengan  ibadah puasa yang telah kita kerjakan sebulan penuh dan idul fitri yang kita rayakan sekarang ini, akan menjadikan kita sebagai hamba yang selalu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Penerangan Lanud Supadio, Mayor Sus Filfadri S.Sos menambahkan, sehari sebelum pelaksanaan idul fitri pihaknya melalui PHBI Lanud Supadio telah menghimpun dan menyalurkan zakat bagi masyarakat kurang mampu di Masjid sekitar Lanud Supadio. “Zakat yang terkumpul berasal dari anggota Lanud Supadio, Skadron Udara 1,  Skadron Udara 51, Batalyon 465 Paskhas, Batalyon 473 Paskhas dan masyarakat sekitar. Dan zakat ini diberikan bagi masyararakat kurang mampu disekitar Lanud Supadio dan beberapa panti asuhan,” kata Filfadri.

Menurut Filfadri pembagian zakat ini merupakan salah satu kepedulian sosial dan kewajiban dari segenap warga Lanud Supadio kepada masyarakat yang ada disekitar lanud.  

“Pembagian atau penyaluran zakat ini juga merupakan salah satu kegiatan rutin dilaksanakan setiap ramadan dan jelang lebaran.  Karena seperti yang kita ketahui selama ramadan diwajibkan bagi umat Islam yang mampu untuk membayar zakat dan diserahkan kepada yang berhak menerimanya,”  ungkapnya.

Agar pembagiannya tepat sasaran, kata dia, sebelum zakat dibagikan panitia telah mendata warga yang kurang mampu di tiap-tiap Rukun Tetangga (RT) yang bermukim di sekitar Lanud Supadio.   Kemudian warga tersebut kita beri kupon untuk pengambilan zakat. “Selain itu, zakat ini juga disalurkan kepada panti asuhan dan masjid-masjid,” ujarnya.

Setelah menghimpun dan menyalurkan zakat, menyambut 1 syawal jajaran lanud Supadio lanjutnya juga menggelar pawai dan takbiran keliling sekitar wilayah Lanud Supadio

“Setelah dilaksanakan pawai takbir keliling dilanjutkan takbiran di dalam Masjid Baitussalam Lanud Supadio.  Tabirkan ini untuk menyemarakkan peringatan hari raya Idul Fitri. Dan kami harap tradisi seperti ini bisa terus dilestarikan dan ditingkatkan setiap tahunnya, sehingga tidak hanya bisa menyemarakkan datangnya 1 syawal, namun ikatan silaturahmi, persaudaraan kita selalu terjaga,” pungkasnya. (ash)

 

Berita Terkait