Sambas Tuan Rumah Jambore Festival Sepakbola U-12 dan U-13

Sambas Tuan Rumah Jambore Festival Sepakbola U-12 dan U-13

  Selasa, 1 December 2015 09:46
TIM KALBAR: Menpora dengan tim pelajar Kalbar U-14 di Gelora Bung Karno Jakarta. ISTIMEWA

Setelah sukses menggelar Piala Menpora U-14 wilayah Kalbar, kini Kabupaten Sambas bersiap menjadi tuan rumah Jambore Festival sepak bola usia 12 wilayah Kalbar yang akan digelar Januari tahun 2016 di lapangan Manggis, Sambas. Hari Kurniathama, Sambas

KETUA panitia Jambore Festival Sepakbola U-12 wilayah Kalbar, Sigit Atmojo, festival ini akan menganut faham grassroots, semua pemain harus bermain suasana fun alias gembira."Karena tujuan festival ini mengutamakan membangun pondasi pemain dengan memberikan tehnik  dasar bermain baik dan benar," ungkapnya kepada Pontianak Post kemarin.Festival sepak bola Usia12 dan 13 ini akan dikemas berbeda dari kebanyakan turnamen yang sudah ada, karena tidak hanya  mengedepankan unsur sepak bola semata, tetapi ada pelatihan bagi para pesepakbola usia dini atau coaching clinic dari pelatih Nasioanal.

Festival ini juga bertujuan, tambah Sigit, untuk mencari tim terbaik untuk mewakili Kalbar di Jambore Festival Tingkat Nasional di bumi perkemahan Cibubur dimana juara Nasional di festival ini akan dikirim ke Singapura. Pembinaan Sepak bola usia dini di Indonesia tengah menjadi perhatian yang serius dan terus menerus ditekuni Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI untuk mempersiapkan sebuah desain timnas masa depan Indonesia.

"Pondasi untuk membentuk timnas senior timnas yang tangguh sudah jelas harus dimulai dengan mempersiapkan pemain sejak usia dini," tegasnya. Makanya, kata Sigit, pola pembinaan pemain usia dini menjadi tanggung jawab klub telah beralih menjadi peluang dengan hadirnya Sekolah Sebap Bola (SSB) atau Academi Bola di Indonesia . Selama ini SSB sibuk menggapai prestasi sebagai klub hingga lupa bahwa prestasi sebenarnya adalah pembentukan pemain secara menyeluruh. "Sudah saatnya kita bersama menyatukan tekad membeikan yang terbaik untuk Indonesia bukan untuk kita pribadi, kepentingan politik dan SSB kita masing-masing, namun untuk Indonesia. Mari kita berlomba menelurkan pemain-pemain yang berbakat dan berkarakter demi kemajuan Sepak Bola Indonesia," serunya.

Sebagai Panitia pelaksana, harap Sigit, kegiatan ini mendapat dukung dari masyarakat Sambas, Disporabudpar Kabupaten Sambas, KONI Kabupaten Sambas demi suksesnya festival ini, karena festival ini rencana akan menghadirkan tokoh sepak bola nasioanal dan tim Putri Blue Eagle Jakarta yang telah sukses wakili Indonesia di tingkat Asia."Untuk teman teman pengurus SSB yang ada di kabupaten Sambas atau kabupaten lain di kalimantan Barat  untuk mempersiapkan tim mengikuti event ini," pintanya. (*)