Sambas Tuan Rumah Danone Nation Cup

Sambas Tuan Rumah Danone Nation Cup

  Selasa, 19 January 2016 10:32
DEMI SAMBAS: Sigit Atmaja selaku Kordinator Wilayah DNC Kalimantan Barat (kanan) bersama Suganda yang kini berstatus pelatih kesebelasan Prapon Kalteng. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

SAMBAS – Untuk kali kedua Sambas dipercaya menjadi tuan rumah Danone Nation Cup (DNC), setelah pada tahun 2015 DNC yang diikuti 12 tim dari Kabupaten Sambas dan Bengkayang. Sebagai informasi jika pada 2015 jawara DNC adalah Gunung Kidul Football Academy (GKFA) Sambas, sementara runner up adalah SSB Garuda Bengkayang. Dua tim Kalbar tersebut mewakili provinsi ini di tingkat nasional, unjuk kebolehan di Stadiun Ciracas Jakarta.

Pelaksanaan DNC tahun 2016 sendiri akan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Manggis Sambas. Menariknya, untuk pelaksanaan tahun 2016 ini akan lebih meriah karena bakal diikuti tim dari Kota Pontianak, Sintang, Singkawang, hingga Bengkayang. Bahkan pihak penyelenggara juga akan mengundang tim dari Kabupaten Mempawah, Kubu Raya, Landak, Sanggau, serta Sekadau. Daerah-daerah yang diundang tersebut merupakan kabupaten yang diakui selama ini telah terjalin wadah untuk komitmen membina usia muda, demi kemajuan sepakbola Kalbar ke depan.

Sigit Atmaja, koordinator Wilayah DNC Kalimantan Barat, menjelaskan bahwa even ini rencananya akan dilaksanakan pada 7 Februari  mendatang. Dia menambahkan bahwa jumlah tim di even ini terbatas sebanyak 24 tim yang dibagi 8 grup, di mana tiap grup berjumlah tiga tim. Dia juga menjelaskan bahwa pendaftaran tim berlangsung sepanjang 15 – 30 Januari di Sekretariat GKFA Jalan Saing Rambi KM 215 Sambas.

“Jika kuota tim sudah cukup, otomatis pendaftaran ditutup. Juara DNC 2016 ini akan mewakili Kalimantan Barat di tingkat regional Jakarta 14 – 15 Februari 2016,” katanya. Selain kegiatan tersebut untuk meningkatkan teknik bermain sepakbola usia dini, pihaknya akan mengadakan coaching clinic usia 11 – 12, 13 – 14, dan 15 – 16 tahun, di mana setiap kelompok umur maksimal 25 anak. “Untuk coaching clinic ini pelaksanaan di Lapangan Manggis dari tanggal 21 – 29 Februari 2016, dipandu coach Suganda yang merupakan pemain bola profesional yang pernah membela tim di Pardedetek Galatama, Warna Agung Jakarta, Niac Mitra Surabaya, Arema Malang,” katanya.

Selain sukses sebagai pemain, diungkapkan dia juga jika coach Suganda sudah melatih tim-tim profesional. Bahkan, dia menambahkan, sampai sekarang yang bersangkutan masih melatih tim Pra-PON Kalteng. Sementara itu, panitia pelaksana, Kardi, mengatakan jumlah pemain yang didaftarkan maksimal 12 pemain, degnan sistem pertandingan 8 vs 8 pemain, serta lama pertandingan 1 x 15 menit. “Inilah menariknya permainan sepakbola DNC, dengan waktu yang pendek setiap pemain selalu ngotot untuk ciptakan gol. Segala persiapan mulai dilakukan baik teknis maupun nonteknis. Even ini boleh diikuti anak SD (sekolah dasar) atau SSB (sekolah sepak bola),” jelasnya. (har)