Sambangi Makam Tua

Sambangi Makam Tua

  Selasa, 5 April 2016 08:37
MAKAM TUA: Pejabat Disbudparpora ketika mengunjungi makam tua di Dusun Parit Gudang, Dusun Semanai, Desa Simpang Tiga, Senin (4/4) kemarin. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SETELAH mendapat kabar mengenai ditemukannya makam tua di Parit Gudang, Dusun Semanai, Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sukadana, pejabat dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Kayong Utara pun mengunjugi makam tersebut, Senin(4/4).

“Terdapat enam orang dari Dinas Pariwisata (Disbudparora, Red) yang datang untuk melihat makam tua tersebut. Mereka datang pagi (kemarin, Red),” ujar kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Pemerintahan Desa Simpang Tiga, Sahperi .

Rombongan Disbudparpora yang datang ke makam tua tersebut, selain didampingi dia, juga bersama mereka Kepala Dusun Semanai Suprapmanto, Kepala Dusun Parit Bugis Sudirman, Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Simpang Tiga Tarmizi, dan anggota BPD, Alfian.

Dijelaskan Sahperi jika Disbudparpora datang ke lokasi makam itu, setelah sebelumnya telah menerima laporan dari Kepala Dusun Semanai. Dari informasi yang diperolehnya, Disbudparpora berencana menelusuri jejak sejarah makam tua, yang diduga sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun silam.

“Tak hanya melihat. Kami juga bersama rombongan Disbudparpora juga memanjatkan doa di makam tua. Yang kebanyakan nisan terbuat dari batu itu,” kata Sahperi.

Diberikatakan sebelumnya, makam tersebut ditemukan berada di dalam rerumputan, bahkan bagaikan di tengah hutan. Padahal, letaknya tak seberapa jauh dari pinggir ruas jalan provinsi Siduk – Sukadana.

Adapun selain makam yang terbuat dari nisan batu yang terlihat tetap utuh, selebihnya terbuat dari kayu belian, dengan kondisi sudah begitu memprihatinkan. Pasalnya, sebagian besar nisan tersebut sudah lapuk dimakan usia. (dan)

Berita Terkait