Salurkan Bantuan pada Siswa Dhuafa

Salurkan Bantuan pada Siswa Dhuafa

  Senin, 22 Agustus 2016 09:30
SERAHKAN BANTUAN: Ketua LAZIS Amanah, Aswandi saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para siswa SMA Islamiyah Pontianak, di gedung perpustakaan SMA Islamiyah, Sabtu (20/8) sore. MIFTAH/PONTIANAK POST

Berita Terkait

LEMBAGA Amil Zakat Infaq dan Sadaqah (LAZIS) Amanah bekerja sama dengan Bank Kalbar menyalurkan bantuan siswa dhuafa dan yatim piatu kepada siswa SMA Islamiyah Pontianak, Sabtu (20/8) lalu. Melalui kegiatan itu, LAZIS Amanah menyalurkan niat mereka untuk menjaga semangat para siswa untuk tetap bersekolah walaupun berada dalam kekurangan. 

Ketua LAZIS Amanah, Aswandi mengatakan, bantuan ini berpusat pada peningkatan motivasi anak-anak untuk terus mengenyam pendidikan. “Kami berusaha agar mereka tetap punya semangat itu, teruskan pendidikan,” katanya.

Bantuan yang diserahkan secara simbolis sore itu diberikan kepada 30 siswa. Masing-masing 15 siswa kelas XI dan 15 siswa kelas XII. Diakuinya, bantuan tersebut adalah hasil kerja sama LAZIS Amanah bersama Bank Kalbar yang menyalurkan zakat malnya kepada mereka. “Murni kami berikan kepada siswa tanpa ada kami potong sedikitpun,” ujarnya.

Kepala SMA Islamiyah Pontianak, Musta’am mengatakan, ia menyambut baik niat bantuan tersebut dan segera mendata para siswa yang kemungkinan akan mendapatkan bantuan tersebut sejak beberapa bulan lalu. Tentu, bantuan siswa dhuafa itu diberikan kepada siswa yang tetap memiliki niat untuk sekolah. “Semoga bantuan tersebut dapat membuat mereka semangat sekolah, tanpa lagi memikirkan biaya sekolah sebagai beban,” katanya.

Sementara itu, menurut Ketua Harian LAZIS Amanah, Yakob Mohsin, bantuan yang disalurkan hari itu merupakan salah satu dari lima program utama yang dimiliki oleh LAZIS Amanah. Pertama, pinjaman kepada UKM tanpa bunga yang dikatakannya sudah disalurkan dan mendapatkan respon baik dari para pengusaha yang ingin memulai usaha mereka. Kedua, bedah rumah dhuafa yang dilakukan secara selektif. Ketiga, tebar paket lebaran untuk dhuafa atau muallaf yang diprioritaskan untuk para dhuafa dan muallaf yang sudah lanjut usia.

Keempat, beasiswa dan bantuan kepada anak yatim atau dhuafa yang diprioritaskan kepada anak yatim, seperti yang disalurkan pada hari itu. Kelima, rehabilitasi bangunan pesantran yang dilakukan secara selektif.

LAZIS Amanah yang merupakan lembaga swasta itu berfokus untuk mengumpulkan, menyalurkan dan mendayagunakan zakat mal, infaq dan sadaqah dengan prioritas kepada mustahik atau UKM yang akan memanfaatkannya pada usaha-usaha produktif.(c16)

Berita Terkait