Salurkan Bantuan Korban Banjir

Salurkan Bantuan Korban Banjir

  Senin, 16 May 2016 10:04
BANTUAN: Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus didampingi pejabat SKPD meninjau korban banjir sekaligus menyerahkan bantuan. Foto ashri isnaini/pontianak post

Berita Terkait

KUBU RAYA – Selain turun langsung ke lapangan Jumat (13/5) Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersama sejumlah anggota DPRD Kubu Raya mulai mendistribusikan bantuan bagi korban bencana banjir di Desa Kubu Padi II Kecamatan Kuala Mandor B. 

Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus menyatakan, berdasarkan laporan dari pihak kecamatan setempat saat ini sudah terdapat sekitar 1.000 kepala keluarga yang rumahnya terendam air. “Kami turut prihatin dengan kondisi banjir yang melanda Desa Kubu Padi II ini, semoga saja bantuan yang diberikan ini bisa membantu masyarakat setempat sementara waktu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,”kata Hermanus. 

Untuk meringankan beban korban  banjir, pemerintah daerah setempat memberikan bantuan berupa makanan seperti mie instan, roti, sarden, air mineral dan makanan ringan.

“Walaupun bantuan ini tidak bisa diberikan kepada seluruh warga yang mengalami musibah banjir, namun kedepan kami akan mengupayakan agar bantuan serupa bisa kembali didistribusikan sehingga setiap korban banjir bisa merata mendapatkan bantuan,” ungkapnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kubu Raya, Suharso mengatakan, pihaknya bersyukur karena Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kubu Raya sejak awal telah menyediakan anggaran untuk mengatasi sejumlah musibah yang terjadi di Kubu Raya. 

“Selain turut menyalurkan bantuan, tujuan kami turun ke lapangan ini yaitu ingin mengetahui secara langsung dan memastikan bantuan dari Pemerintah Daerah benar-benar sampai kepada warga yang mengalami bencana banjir,” ucap Suharso. 

Suharso menambahkan, selain bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, pihaknya juga mengharapkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Pusat maupun para dermawan bisa meringankan beban dengan memberikan bantuan kepada warga yang saat ini daerahnya terkena musibah banjir. 

“Musibah banjir saat ini sudah merupakan bencana nasional kerena hampir di seluruh Indonesia, setiap musim penghujan tiba, sejumlah daerah di Indonesia mengalami musibah banjir,”pungkasnya. 

Musibah banjir yang terjadi sejak enam hari lalu itu merendam ratusa rumah di empat dusun Desa Kubu Padi II Kecamatan Kuala Mandor B. Selain di Desa Kubu Padi 2, bencana banjir juga merendam ratusan rumah di Desa Retok sehingga sebanyak 818 jiwa dari 164 kepala keluarga kehilangan mata pencaharian mereka. 

Ratusan rumah di empat dusun ini sudah mulai tergenang air karena tingginya intensitas curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini.  

Dengan kondisi ini, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersama DPRD setempat yang didampingi Danramil dan Kapolsek serta pihak kecamatan pada Jum'at siang turun langsung untuk melihat kondisi masyarakat yang terimbas dari bencana banjir di dua desa di Kecamatan Kuala Mandor B. (ash) 

Berita Terkait