Sajian Empuk Olahan Ayam Kampung

Sajian Empuk Olahan Ayam Kampung

  Kamis, 15 March 2018 11:00

Berita Terkait

Masakan berbahan ayam disukai banyak orang. Apalagi diracik kaya bumbu khas nusantara. Tak hanya ayam boiler (negeri), daging ayam kampung juga dapat diolah menjadi masakan lezat. Apalagi jika dimasak dengan tepat, daging ayam kampung akan empuk dan bumbu dapat meresap sempurna hingga bagian tulang.  

Oleh : Ghea Lidyaza Safitri

Kenikmatan rasa daging jenis ayam kampung dikenal berbeda, dibandingkan jenis ayam lainnya. Hal inilah yang membuat Onggo Susilo dan istri, Owner Sriwedari tertarik menghadirkan variasi olahan berbahan baku ayam kampung. Mulai dari ayam kampung goreng, ayam kampung kremes, dan ayam kampung bakar.

Menu ayam kampung khas Surabaya ini disajikan dalam dua rasa berbeda. Jika ayam kampung goreng dan ayam kampung bakar lebih pada rasa manis dan gurih, ayam kampung kremes jauh terasa asin dan gurih. Tak lupa ayam goreng kremes dilengkapi dengan gorengan kriuk dari bumbunya. Dua varian rasa ini sangat pas bagi pecinta asin dan manis.

“Kriuknya yang dihadirkan mampu menambah kenikmatan dan selera saat dicicipi,” ujarnya.

Onggo menuturkan paket ayam kampung disajikan dengan tambahan sayur asam. Semakin terasa nikmat dan menggugah selera. Sayur asam yang disajikan khas Surabaya. Hadirnya rasa sayur asam yang segar dan terasa sedikit manis ini diyakini mampu menambah keragaman masakan khas Indonesia di Pontianak.

Proses memasak ayam kampung memakan waktu hingga 1,5 jam. Dagingnya pun terasa empuk. Bumbu khas pun meresap sampai bagian tulangnya. 

Menurut Onggo sebelum disajikan, ayam kampung olahannya lebih dulu direndam dengan bumbu menggunakan api kecil.

“Pengolahan ini membuat ayam kampung bisa bertahan dengan tekstur daging yang tetap empuk,” ujar Onggo.

Harga ayam kampung lebih mahal. Namun, rasanya begitu khas karena bebas dari penggunaan bahan kimia. Tak heran rasa daging yang dihadirkan jauh berbeda, benar-benar terasa nikmat.**

Berita Terkait