Saipul Jamil Jadi Tersangka, Terancam 15 Tahun Penjara

Saipul Jamil Jadi Tersangka, Terancam 15 Tahun Penjara

  Jumat, 19 February 2016 09:18

Berita Terkait

JAKARTA -- Dunia hiburan Indonesia digegerkan dengan penangkapan pedangdut Saipul Jamil, Kamis (18/2), sekitar pukul 5.00. 

Duda Dewi Persik, itu ditangkap anggota Polsek Kelapa Gading, Jakarta Utara, di kediamannya,  Jalan Kelapa Puan Timur, Kelurahan Pe‎gangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, Jakut. 

Pria yang karib disapa Bang Ipul, itu diduga mencabuli seorang pelajar pria yang masih di bawah umur berinisial DS. Saipul pun akhirnya resmi menyandang status tersangka pencabulan remaja yang diketahui masih duduk di bangku kelas 3 SMA tersebut. 

Kepala Polres Metropolitan Jakut Komisaris Besar Daniel Bolly Tifaona mengatakan, anggota Polsek menangkap Saipul setelah mendapatkan laporan dari anak baru gede (ABG) tersebut. 

"SJ ditangkap oleh anggota Polsek Kelapa Gading atas dugaan pencabulan yang dilaporkan korban DS," kata Bolly menjawab Pontianak Post, kemarin (18/2) siang. 

Ia mengatakan, peristiwa dugaan pencabulan itu dilakukan Saipul terhadap korban di rumahnya. Korban berhasil melarikan diri dan kemudian melapor kepada polisi. Setelah mendapat laporan, polisi langsung bergerak menangkap Saipul. "SJ langsung diamankan ke Mapolsek Kelapa Gading untuk menjalani pemeriksaan," kata mantan Kapolres Metro Bekasi Kota ini.  

Saipul pun menjalani pemeriksaan oleh Penyidik Unit Reskrim Polsek Kelapa Gading yang mendalami laporan korban. Sementara, sang korban sudah divisum di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur untuk melengkapi pemeriksaan. 

Namun, Kapolsek Kelapa Gading Komisaris Ari Cahya Nugraha mengatakan hasil visum belum keluar. Kendati demikian, ia tak ingin berspekulasi soal hasil visum. Yang pasti, pihaknya terus berkoordinasi dengan dokter ahli forensik. 

Menurut Ari, sejauh ini korban yang melaporkan baru satu orang. "Usianya di bawah 18 tahun. Korban merupakan pelajar berjenis kelamin laki-laki," tegasnya di Mapolsek Kelapa Gading, kemarin (18/2). 

Dia mengatakan, korban dan Saipul baru kenal. Jadi, belum diketahui ada hubungan apa di antara keduanya. "Sampai saat ini masih didalami karena baru kenal," ujarnya.
Polisi pun tak membutuhkan waktu lama menetapkan Saiful sebagai tersangka. Status penyelidikan sudah dinaikkan ke penyidikan dengan menetapkan Saipul sebagai tersangka.  "Saudara SJ diperiksa oleh tim Unit Reskrim Polsek Kelapa Gading dengan status tersangka," kata Ari. 

Menurut Ari, polisi sudah mengantongi bukti yang cukup menjerat Saipul.  Namun ia enggan membeber bukti karena masuk materi penyidikan. 

Dia menjelaskan, Bang Ipul dijerat pasal 76 e dan 82 ayat 1 Undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. "Ancaman hukuman minimal lima tahun dan maksimal 15 tahun penjara, denda Rp 5 miliar," papar Ari.

Awalnya Minta Dipijit

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes M Iqbal mengatakan, Saipul dan DS awalnya kenal di sebuah acara ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi swasta kurang lebih dua pekan lalu. Korban merupakan penonton acara tersebut.  "Korban dan pelaku sudah tiga kali bertemu," kata Iqbal, Kamis (18/2). 

Lalu terakhir korban diajak Saipul ke rumahnya di Kelapa Gading. Sampai di rumah, Kamis (18/2) dini hari,  Saipul meminta korban untuk memijitnya. "Setelah itu ada permintaan-permintaan yang kurang senonoh," ujar mantan Kapolrestro Jakut itu. 

Karena merasa permintaan itu tak wajar, kata Iqbal, korban akhirnya kabur dan melaporkan ke pihak kepolisian. Polisi pun menangkap Saipul tanpa perlawanan di rumahnya. (Ody)

 

Berita Terkait