Safari Ramadan Muhammadiyah

Safari Ramadan Muhammadiyah

  Selasa, 28 June 2016 09:39
DIABADIKAN BERSAMA: Pengurus Muhammadiyah Kapuas Hulu diabadikan bersama pengurus Masjid At-Taqwa Desa Kalis Raya, Kecamatan Kalis, dalam safari Ramadan mereka, Minggu (26/6). MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

JAJARAN Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kapuas Hulu yang dipimpin sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Hulu, Muhammad Sukri, Minggu (26/6), menggelar safari Ramadan 1437 H di Masjid At-Taqwa Desa Kalis Raya, Kecamatan Kalis, Jalan Lintas Selatan. Safari Ramadan ini digelar mereka untuk menyambung silaturahmi mereka dengan sesama muslim yang berada di Kecamatan Kalis.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kapuas Hulu Ahmad Yani, mengungkapkan jika tujuan dari safari Ramadan tersebut dalam rangka menyambung silaturahmi, serta meningkatkan amaliyah di bulan puasa ini. Kegiatan mereka ke Kecamatan Kalis tersebut sebelumnya diawali dengan buka puasa bersama di rumah dinas Sekda Kapuas Hulu, kemudian dilanjutkan dengan magrib berjemaah di sana.

Setelah itu, kata Yani, barulah rombongan berangkat menggunakan mobil menuju kecamatan Kalis, untuk melaksanakan salat isya dan tarawih di Masjid At-Taqwa. Dikatakan dia, selama Ramadan ini mereka sudah mendatangi beberapa tempat untuk kegiatan serupa seperti di Kecamatan Badau, Semangut, Kalis, Trans Kalis, hingga Boyan Tanjung. "Target kami daerah jalan jalur lintas,” paparnya.

Ketua Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kalis, Marzuki, mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari rombongan Sekda dan Pengurus Muhammadiyah Kapuas Hulu. "Kami sangat senang atas kunjungan mereka,” akunya.

Dengan silaturahmi ini, menurut dia, membuktikan bahwa setiap muslim adalah saudara. “Sehingga apabila ada satu muslim yang sakit, semua muslim lainnya merasakan, itulah kebersamaan,” ungkap Marzuki. “Semoga kehadiran rombongan ini memberikan semangat pada masyarakat untuk tetap semangat dalam beribadah," katanya.

Dia berharap agar Ramadan memberikan perubahan terhadap diri manusia. Dia menghendaki agar jangan sampai Ramadan berlalu begitu saja, tetapi belum mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Karena bulan puasa ini, menurut dia, merupakan momentum yang sangat tepat untuk memperbaiki diri.

Jadi, terang dia lagi, ibadah Ramadan harus dilaksanakan semua, karena orang yang sekolah itu akan bagus nilainya bila mengikuti persekolahan sampai tamat. “Ramadan ini sebagai tarbiyah bagi umat muslim," katanya.

Karenanya, Ramadan, diungkapkan dia, merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. “Sangat disayangkan jika pada bulan Ramadan ini tidak dimanfaatkan dengan baik.”(aan)

Berita Terkait