Sadar, Konsumsi Air Penting Bagi Kesehatan

Sadar, Konsumsi Air Penting Bagi Kesehatan

  Minggu, 31 July 2016 11:12
CEK: Sebelum berkonsultasi dengan dokter, pasien diharuskan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan. Mujadi/Pontianak Post

Berita Terkait

Setelah bertahun-tahun gejala sakit nyeri tak kunjung ada kepastian, Ida Royani akhirnya menemukan titik terang setelah mendapatkan kesempatan pemeriksaan kesehatan gratis saat General Medical Cek Up (GMC) program kerjasama Pontianak Post dengan Rumah Sakit Kharitas Bhakti Pontianak. Ternyata, rasa nyeri yang selama ini dia rasakan gejala batu ginjal. 

Agus Pujianto, Pontianak

Menjadi pemenang dalam program cek kesehatan gratis yang diberikan kepada pelanggan setia Pontianak Post, tak disia-siakan Ida Royani. Sejak tahun 2010, dia kerap merasa nyeri dibagian pinggang. Rasa itu, belum dianggapnya hal yang serius.

“Mulai nyerinya tahun 2010, saya kira hanya nyeri biasa, bisa sembuh nantinya,”  kata Ida kepada Pontianak Post, Sabtu, (30/7).

Rasa sakit tak kunjung hilang, Ida berinisiatif untuk meringankan kaki memeriksakan kesehatanya ke dokter. “Kata dokternya, hasilnya bagus, ndak ada penyakit yang membahayakan,” ujarnya. 

Perasaan Ida sedikit lega mengetahui kondisi badannya dalam keadaan sehat. Namun, lambat laun, rasa nyeri kembali dirasakannya. “Tahun 2014 sering kumat sakitnya. Saya periksa lagi, tapi ya ndak ada apa-apa kata dokter. Kemarin, setelah dicek kesehatannya, urine, darah, dan lainnya waktu di RS. Kharitas Bhakti, baru tahu apa penyakitnya. Ternyata, nyeri yang selama ini saya rasakan ada gejala batu ginjal,” katanya.

Meski hasil cek lainnya menunjukan bahwa kondisinya baik, namun gejala batu ginjal sempat khawatir. Dokter menyebut, Ida kurang mengkonsum air putih. 

“Dokter bilang gitu, saya memang kurang minum air putih. Saya jadi sadar, rupanya air putih sangat penting bagi kesehatan,” kata pegawai di Koperasi Polnep ini. Dokter pun menyarankan agar Ida memperbanyak minum air putih. 

Ida, sedikit lega setelah mengetahui hasil pemeriksaan. Dia dianjurkan untuk cek kesehatan lanjutan. Dia berharap, rasa nyeri yang selama ini bisa berangsur pulih setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan. “Dokter ada ngasih obat. Saya sudah dibuatkan surat rujukan untuk cek lanjutan. Semoga aja ndak ada apa-apa,” harapnya.

Program GMC dinilai bermanfaat bagi dirnya. Dia juga akan berusaha menjaga kesehatan dan memperbanyak konsumsi air putih serta menjaga pola makan. “Terima kasih, program ini sangat bermanfaat,” katanya. ***

 

Berita Terkait