Sabar Solusi Hadapi Cobaan Hidup

Sabar Solusi Hadapi Cobaan Hidup

  Kamis, 18 February 2016 09:00
INFAK :. Bupati Ria Norsan menyerahkan infak jemaah Safari Fajar kepada pengurus Masjid Nurul Iman, Desa Malikian, Kecamatan Mempawah Hilir. FOTO WAHYU ISMIR

Berita Terkait

MEMPAWAH - Sabar merupakan ukuran dari ketegaran seorang manusia tatkala menghadapi kesulitan, cobaan dan berbagai musibah. Cobaan datang dari Allah dan Allah sudah memberikan cara menghadapi cobaan tersebut. Jika menelusuri Alquran dan Hadits, banyak sekali ayat dan hadits yang membimbing kita agar tangguh menghadapi cobaan.

Demikian dikatakan Bupati Mempawah, Drs. H. Ria Norsan, MM, MH, ketika memberikan sambutan pada Safari Fajar Kabupaten Mempawah di Masjid Nurul Iman, Desa Malikian, Kecamatan Mempawah Hilir, Jumat lalu.“Langkah pertama yang harus kita yakini adalah, yakinlah bahwa ujian atau cobaan itu untuk kebaikan kita sendiri. Jika kita menghadapi cobaan dengan benar, artinya kita akan mendapatkan kebaikan. Sebaliknya jika kita salah dalam menghadapi cobaan, maka malah keburukan yang kita dapat, dan cobaan itu sendiri justru tidak hilang,” tegas Ria Norsan.

Ia menambahkan, kita harus yakin bahwa setiap cobaan yang diberikan Allah, telah sesuai dengan kadar kemampuan kita. Jika merasa tidak sanggup menghadapi cobaan atau ujian yang dialami, itu adalah sinyal bahwa kita harus meningkatkan kualitas diri kita masing-masing.

“Jadi, bukan ujiannya yang terlalu berat, tapi diri kita sendiri yang loyo dan payah. Perbaiki diri, bukan mengeluh akan beratnya ujian. Keyakinan diri bahwa kita akan sanggup menghadapi ujian, menjadikan diri kita tidak akan menyerah, sehingga mengambil tindakan untuk memperbaiki diri dan mencari solusi,” imbuhnya lagi.

Nah, terkait masa hidup manusia yang amat singkat, bupati lantas mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan iman dan takwa. Selalu berbuat kebaikan kepada sesama manusia maupun sesama saudara. “Hidup ini terasa punya arti, apabila kita bisa bermanfaat dan mampu menyenangkan hati orang lain,” cetusnya.

Bupati juga mengimbau agar kita selalu menjaga kesehatan sebelum sakit. Gunakan masa sehat untuk beribadah dan mencari rezeki yang halal sebaik-baiknya. “Hadapi kesulitan hidup dengan sabar dan meningkatkan kualitas ibadah. Jika itu sudah dilakukan, Insya Allah, pelbagai cobaan akan kita bisa selesaikan,” imbuhnya lagi. Safari Fajar Kabupaten Mempawah di Masjid Nurul Iman ini turut dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mempawah, Drs. H. Kasiman HN, alim ulama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, organisasi Islam dan ratusan jemaah dari seluruh kecamatan di Kabupaten Mempawah. (wah)

Berita Terkait