Saat Tepat Melepaskan Diri

Saat Tepat Melepaskan Diri

  Sabtu, 26 March 2016 11:27
Jos Hart

Berita Terkait

Ketika kiper Manchester City Joe Hart mengalami cedera betis dalam Derby Manchester di Stadion Etihad, Minggu lalu (20/3), pelatih timnas Inggris Roy Hodgson ikut pusing. Betapa tidak, kiper utama Inggris itu harus menepi minimal empat pekan.

Hodgson pantas cemas karena kiper substitusi yang dimiliki Inggris tidak setara dengan Hart. Sebut saja Jack Butland. Kiper Stoke City itu punya jam terbang minim bersama timnas Inggris senior. Sejak pertama turun buat tim senior pada 2012, dia cuma tampil tiga kali.

Meski begitu, Butland sendiri sangat percaya diri. Dia akan menjawab kepercayaan Hodgson bila dipercaya menjaga gawang Inggris. “Saya sangat merasa percaya diri buat mengambil kesempatan ini. Namun, saya juga sadar tak boleh terlalu besar kepala dengan kesempatan ini,” kata kiper 23 tahun itu.

Masalahnya, Jerman punya Manuel Neuer yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Membandingkan Butland dan Neuer, menurut Guardian, ibarat bumi dan langit. Neuer sudah mengantarkan Jerman sebagai juara dunia. Butland? Capaian tertingginya adalah mengantar Inggris U-17 menjadi juara Euro U-17 pada 2010.

Butland dikenal sebagai kiper nomaden sebelum akhirnya tampil sebagai pilihan utama Stoke musim ini. Itu pun karena kiper utama Asmir Begovic hijrah ke Chelsea. “Saya tahu jika Neuer adalah salah satu kiper terbaik dunia dengan posisinya yang selalu tepat, menghalau dengan cekatan, juga bisa bermain sebagai penyapu. Saya berusaha mendekati kemampuannya,” ucap Butland kepada The Guradian.

Butland mengakui kemampuannya masih sering diremehkan. Ketika bersama Birmingham City pada musim 2010-2013, Butland dipinjamkan selama dua musim ke klub kasta keempat liga Inggris Cheltenham Town. Lalu, saat berstatus pemain Stoke, Butland juga dipinjamkan ke Birmingham, Barnsley, Leeds United, dan Derby Country. Musim ini Stoke sudah kebobolan 37 gol hingga pekan ke-31 Premier League.

Di sisi lain, tactician Inggris Roy Hodgson terus menyuntikkan semangat ke Butland. Menurut Hodgson, pemain top selalu mengalami karir dari bawah. “Neuer juga pernah dalam bayang-bayang (Jens) Lehman atau (Oliver)Kahn. Jadi, seumpama Butland di bawah bayang-bayang (Joe) Hart selama ini, ini saat yang tepat buat melepaskan diri,” katanya seperti dikutip Daily Mail kemarin. (dra)

Berita Terkait