Rusak dalam Setahun

Rusak dalam Setahun

  Kamis, 4 February 2016 10:27
MIRING. Salah satu rambu-rambu yang miring didepan GPU kota Sanggau. SUGENG/PONTIANAK POST

Berita Terkait

DINAS Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Sanggau mengabarkan selama tahun 2015 lalu, sedikitnya ada tujuh rambu-rambu yang mengalami kerusakan akibat dirusak. Yang lebih memprihatinkan, rambu-rambu tersebut hilang.

“Kami baru pasang tiga bulan, sudah ada yang dirusak, ada yang hilang dicabut. Kami juga gak ngerti kok bisa begitu ya. Tapi kami sudah laporkan kepada pihak kepolisian,” ungkap Kepala Dinas Hubkominfo Sanggau, Yulia Theresia.

Tahun 2015, pihaknya melakukan pengadaan rambu-rambu baru seperti larangan dan petunjuk lokasi sejumlah 67 unit. Pemasangannya, kata dia, diutamakan pada jalur sutera. Rambu-rambu ini tentu memberikan kemudahan bagi masyarakat, karenanya dia berharap tidak ada lagi aksi pengrusakan maupun pencurian. “Padahal kan ini untuk kepentingan masyarakat sendiri. Saya ambil contoh di jalan mulai dari Bodok arah ke Meliau. Beberapa memang dijumpai dalam kondisi rusak bahkan ada yang hilang dicuri orang,” katanya kepada harian ini Rabu (3/1) kemarin.

Terkait kerusakan rambu-rambu tersebut, Yulia menyampaikan akan segera memerintahkan anggotanya untuk melakukan pengecekan kembali dan bila dimungkinkan perbaikan secara manual maka harus dilakukan perbaikan segera. “Kalau bisa diperbaiki secara manual akan kami perbaiki. Tapi kalau yang hilang dicuri, kemungkinan pengadaan baru,” jelasnya.

“Kami dulu pernah lakukan perawatan manual. Kan ada tu rambu yang cat nya sudah kusam atau yang kotor, kami bersihkan. Sampai begitu kami lakukan. Kalau ada anggaran untuk perawatannya maka kami gunakan itu,” tambahnya.

Mengenai salah satu rambu yang miring di depan Gedung Pertemuan Umum (GPU) Sanggau, dia akan coba mengkoordinasikan dengan anggotanya untuk mengecek kondisinya. Jika masih bisa digunakan, maka tidak perlu diganti. “Kalau masih bagus, kan mungkin karena tertabrak mobil atau sepeda motor, kalau miring dan masih bisa diperbaiki maka akan diperbaiki saja tidak perlu diganti dengan yang baru,” katanya.

Dia juga mengharapkan kepada masyarakat agar mau ikut menjaga rambu-rambu tersebut. “Jangan malah dirusak. Itu kan kepentingannya untuk masyarakat juga. Sebaiknya dijaga supaya tetap baik. Dan saya harapkan jangan lagi ada aksi pencurian rambu-rambu yang telah dipasang oleh pemerintah,” harapnya.(sgg)

 

Berita Terkait