Rudhy-Mochrizal Lolos, Rahmad-Ridwan Belum Memenuhi Syarat

Rudhy-Mochrizal Lolos, Rahmad-Ridwan Belum Memenuhi Syarat

  Senin, 1 January 2018 13:03

Berita Terkait

MEMPAWAH- KPU Kabupaten Mempawah menggelar rapat pleno syarat dukungan minimal calon perseorangan Sabtu (30/12) sore di Wisata Nusantara. Hasilnya, pasangan Rudhy Bachtiar-Mochrizal (RBM) dipastikan lolos, sedangkan Rahmad Satria-Ridwan masih belum memenuhi syarat dukungan alias tersendat.

Dipimpin langsung Ketua KPU, Kusnandi, rapat pleno mengungkapkan hasil verifikasi faktual yang telah dilaksanakan PPK dan PPS di sembilan kecamatan di Kabupaten Mempawah. Verifikasi faktual sendiri telah berlangsung selama dua minggi sejak tanggal 12-25 Desember 2017 lalu.

Verifikasi dilakukan terhadap masyarakat pendukung di sembilan kecamatan sesuai dengan bukti dukungan yang diserahkan oleh pasangan calon perseorangan. Pasangan RBM yang semulanya menyerahkan 27.952 dukungan, hasil verifikasi menyaring 20.031 dukungan sah yang tersebar di sembilan kecamatan. Sedangkan sisanya, gagal memenuhi verifikasi faktual petugas.

Meski demikian, dukungan sebanyak 20.031 tersebut telah memastikan RBM lolos sebagai peserta Pilkada Bupati Mempawah 2018. Sebab, RBM berhasil melewati syarat minimal calon peseorangan yakni sebanyak 18.213 dukungan masyarakat yang dibuktikan dengan KTP.

Sementara itu, langkah politik pasangan calon perseorangan lainnya, Rahmad Satria-Ridwan Rusli untuk maju di Pilkada Bupati Mempawah 2018 masih tersendat. Sebab, hasil verifikasi menempatkan pasangan ini belum memenuhi syarat dukungan minimal calon peseorangan. Petugas hanya meloloskan 17. 295 dukunagn dari total 22.700 dukungan yang diserahkan Rahmad Satria-Ridwan Rusli pada 25 November lalu.

Meski gagal memenuhi syarat dukungan minimal yang telah ditetapkan KPU Kabupaten Mempawah sebanyak 18.213, namun Rahmad Satria-Ridwan Rusli masih diberikan kesempatan untuk memperbaiki dukungan minimalnya. Hanya saja, kekurangan yang sejatinya hanya 918 dukungan harus dilipatgandakan menjadi 1.836 sesuai aturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh penyelenggara Pemilu.(wah)

Berita Terkait