RSUD Soedarso Hadirkan Teknologi Laparascopy

RSUD Soedarso Hadirkan Teknologi Laparascopy

  Kamis, 4 Agustus 2016 09:39
MENGARAHKAN: dr. Syahnural Lubis Sp OG mengarahkan ke tim laparascopy saat pelaksanaan operasi.

Berita Terkait

RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso merupakan rumah sakit rujukan terutama dan pertama bagi masyarakat Kalimantan Barat. RSUD Soedarso juga telah lulus akreditasi dengan Tingkat Paripurna pada Juli 2016.

Misi RSUD Soedarso adalah menjadikan pelayanan yang terbaik, mandiri dan profesional. Salah satu pelayanan terbaik yang diberikan adalah tersedianya teknologi laparascopy.

Laparascopy merupakan teknologi terdepan dengan melakukan tindakan operasi berukuran 0,5-1 cm. Dimana, tindakan ini dapat meminimalisir trauma pasien sangat ringan baik fisik dan psikis dibanding tindakan operasi sebelum ini. Teknologi ini juga mempercepat penyembuhan dengan lama perawatan hanya 1-2 hari saja.

Hingga saat ini, RSUD Soedarso menggunakan teknologi laparascopy untuk penyakit ginekologi seperti tindakan operasi kista, ovarium, pengangkatan rahim, myoma, kehamilan luar kandungan, diagnostik, KB steril, melihat rongga perut dan tindakan yang lain berkaitan dengan kandungan.

Kedepannya, RSUD Soedarso akan bisa melayani operasi dengan penggunaan teknologi laparascopy untuk semua penyakit di luar ginekologi.

“Kedepannya, Kalimantan Barat akan memiliki tim khusus laparoscopy yang akan bekerjasama dengan tim endoskopi. Berita yang bagus bagi warga Kalbar, sehingga kita tidak perlu berobat sampai ke luar negeri karena kita memliki semua sumber dayanya,” ujar dr. Syahnural Lubis Sp OG sebagai dokter spesialis Obgyn.

“Teknologi laparoscopy ini disediakan oleh Pemerintah Provinsi Kalbar untuk kebutuhan masyarakat. Kami harapkan semua lapisan masyarakat dapat memanfaatkan teknologi ini sebaik mungkin yang telah disediakan dan penggunaannya juga dapat ditanggung oleh BPJS,” ungkap Kepala Bagian Kebidanan RSUD Soedarso, Dr dr Pinda Hutajulu Sp OG (Kfer).(**)

Berita Terkait