RSUD Dr Agoesjam Perjuangkan Akreditasi

RSUD Dr Agoesjam Perjuangkan Akreditasi

  Senin, 22 Agustus 2016 10:23
PENANDATANGANAN KOMITMEN: Direktur RSUD dr Agoesjam dr Rusdi Effendy bersama staf dan karyawan, menandatangani komitmen bersama peningkatan mutu pelayanan rumah sakit, untuk menyukseskan peningkatan akreditasi, Minggu (21/8) kemarin.

Berita Terkait

KETAPANG – Peningkatan kualitas dan mutu pelayanan merupakan hal yang wajib dilakukan di setiap rumah sakit. Seperti yang dilakukan RSUD dr Agoesjam Ketapang yang bekerja keras untuk memperoleh akreditasi atau pengakuan mutu sesuai standard operating procedure (SOP). Demikian pesan yang terkandung dalam peringatan HUT ke-71 RI di halaman RSUD dr Agoesjam, Minggu (21/08) kemarin.

Kegiatan yang bertemakan: Dengan Semangat HUT RI ke-71, Kita Sukseskan Akreditasi RSUD Dr Agoesjam ini, dihadiri oleh Direktur RSUD dr Rusdi Effendy, Ketua Panitia HUT ke-71 RI drg Rihi MPh, serta seluruh staf dan karyawan rumah sakit.

Menurut Direktur RSUD dr Rusdi Effendy, kegiatan ini merupakan dalam rangka menyambut HUT ke-71 RI, sekaligus HUT RSUD Agoesjam. Dia berharap agar saat itu diajadikan momentum untuk menyosialisasikan kepada seluruh keluarga besar rumah sakit yang dipimpinnya, untuk ikut bersama-sama menyukseskan akreditasi tentang penilaian rumah sakit, terhadap mutu pelayanan kepada pasien yang akan di laksanakan pada Oktober mendatang. “Kami yakin RSUD dr Agoesjam akan memperoleh akreditasi pada Oktober,” katanya.

Rusdi juga menjelaskan bahwa akreditasi ini adalah upaya dari pihaknya, untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap pasien yang berobat ke rumah sakit. Rusdi juga meyakinkan, saat ini  pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit sudah sangat maksimal terhadap pasien. “Karena kami menyadari, menyelamatkan nyawa dan menyembuhkan pasien itu pekerjaan yang mulia, sehingga dengan demikian, kami beserta staf dari cleaning service sampai direktur, mempunyai komitmen yang sama dan kuat, dengan cara menandatangani plakat integritas, untuk bersama-sama mensukseskan akreditasi ini,” gugahnya.

Diingatkan dia, untuk memperoleh akreditasi pada saat ini, harus sesuai dengan  SOP 2012. Disebutkan dia bahwa persyaratan setiap rumah sakit akan dinilai, dengan pelayanan secara lagsung di lapangan dan didukung dengan data dokumentasi serta melakukan kerja sama dengan seluruh tenaga kesehatan. “Kami seluruh keluarga besar RSUD Dr Agoesjam, berkomitmen turun ke lapangan, untuk memberi pelayanan dan melakukan sosialisasi, sehingga berdampak kepada mutu pelayanan yang maksimal,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Panitia, drg Rihi MPh. Ditegaskan dia bahwa seluruh staf RSUD berkomitmen dan sepakat untuk menyukseskan akreditasi rumah sakit pada Oktober nanti, dengan terus berupaya untuk selalu memberikan pelayanan terbaik. “Kita akan terus bekerja keras untuk memberikan mutu pelayanan yang maksimal,” katanya.

Rihi juga menjelaskan, untuk mendapatkan akreditasi tersebut, pihaknya telah mempersiapkan satu tahun. Mereka sampai melakukan seminar, workshop, dan pelatihan kepada staf dan karyawan, untuk menyatukan persepsi yang sama dalam memberikan mutu pelayanan yang terbaik buat pasien. Rihi mencontohkan ketika pasien masuk ruang IGD, di mana seorang perawat harus memiliki sertifikat kegawatdaruratan. Bahkan, dia menambahkan, begitu juga sopir hingga sekuriti, juga harus memiliki sertifikat bantuan hidup dasar (BHD). Harapan dia, dengan adanya peningkatan pelayanan mutu yang diberikan oleh petugas rumah sakit, otomatis sarana dan parasarananya juga akan dilengkapi dengan peralatan yang canggih. “Mudah-mudahan pada Oktober nanti, RUSD dr Agoesjam bisa dapat akreditasi,” harapnya. (pms/ser)

Berita Terkait