RPJMD Fokus Benahi Infrastruktur

RPJMD Fokus Benahi Infrastruktur

  Sabtu, 23 April 2016 13:36
BURUK: Infrastruktur buruk masih menjadi persoalan serius di Sintang, seperti kondisi ruas jalan Simba, saat hujan jalan jadi becek. Sutami/Pontianakpost

Berita Terkait

SINTANG-Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sintang ikut melibatkan akademisi. Penyusunannya ditargetkan rampung pada akhir Mei mendatang. 
“Tim akademisi Universitas Tanjungpura (Untan) kita libatkan dalam menyusun RPJMD. Sekarang proses penyusunan RPJMD tengah berjalan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda),” kata Bupati Sintang, Jarot Winarno, kemarin.
Menurut dia, secara garis besar RPJMD menjabaran visi misi saat pemilihan Bupati Sintang. Namun, tetap sejalan dengan program pembangunan yang dicanangkan pemerintah pusat maupun provinsi. “Konsep nawacita tetap sebagai patokan,” ujar Jarot.
Bupati menambahkan, paling penting dalam RPJMD yang disusun yakni Pemkab Sintang akan mengoptimalkan pembangunan infrastruktur. Kemudian pemerintah terpenting mampu hadir ke tengah masyarakat. Sehingga jangan sampai timbul kesan pemerintah meninggalkan masyarakat, akibat masalah infrastruktur.
Seperti diketahui Pemkab Sintang mempunyai program pembangunan untuk membenahi infrastruktur dengan dimulai dari perhuluan. Kemerataan pembangunan dicanangkan, sehingga infrastruktur tidak sebatas diperkotaan yang mendapat perhatian.
Menurut Jarot, RPJMD yang tengah disusun juga tidak menyampingkan aspirasi masyarakat melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Pelaksanan Musrenbang sendiri pelaksanaannya berjenjang dimulai dari tingkat desa.
Ia menambahkan, begitupula dengan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tataruang dan Rencana Wilayah (RTRW) akan ikut menjadi acuan dalam menyusun RPJMD. Pasalnya, pembangunan tidak bisa menyalahi aturan. Misal, pembangunan tidak boleh dilakukan kawasan hutan lindung.
Menurut Jarot, pembangunan kini di Sintang memang membutuhkan perhatian serius menyangkut infrastruktur. Dan, diharapkan RPJMD mampu mewujudkan pembangunan Sintang, sesuai yang ditargetkan.(stm)   

 

Berita Terkait