Rp8,297 M Dikembalikan ke Petani

Rp8,297 M Dikembalikan ke Petani

  Rabu, 26 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

SANGGAU-Menimbang kepentingan yang lebih besar terutama hak petani di Kecamatan Mukok, Kepolisian Resor Sanggau akhirnya menyerahterimakan uang senilai Rp8.297.935.500 kepada pihak KUD Tut Wuri Handayani untuk diserahkan kepada yang berhak menerimanya.

Dari jumlah total Rp8,407 miliar yang diduga digelapkan oleh Silvianus Pitus, kepolisian menyisihkan senilai Rp3.170.300 sebagai barang bukti untuk kepentingan penyidikan. Adapun mengenai sisa uang tersebut senilai Rp106.639.000 diperkirakan hangus terbakar saat kejadian.

Kapolres Sanggau, AKBP Donny Charles Go S.Ik mengatakan pihaknya telah menggelar pertemuan dengan tersangka dan pihak koperasi dan turut dihadiri oleh Pengadilan Negeri Sanggau dan Kejaksaan Negeri Sanggau guna mengembalikan uang tersebut.

“Kepolisian tidak mau ambil resiko dengan menyimpan uang tersebut dalam jumlah banyak. Menimbang hal ini, kami berkoordinasi dengan PN Sanggau dan Kejari Sanggau serta pihak koperasi dan tersangka dan disepakati uang tersebut dikembalikan ke petani,” ungkapnya kepada sejumlah media, Selasa (25/10) kemarin.

Menurutnya, untuk menghindari gejolak yang lebih besar atas uang tersebut, dan mengingat hak petani atas uang tersebut yang sudah tertunda sepekan lamanya, makanya diambil kebijakan seperti itu. Sebagai bukti, pihaknya sudah membuat berita acara penyerahan barang bukti dengan dihadiri sejumlah pihak terkait.

Terkait proses hukum, Donny menegaskan penanganan kasusnya tetap berlanjut. “Kasusnya tetap dilanjutkan. Hanya saja uang petani tetap dikembalikan. Dari total uang tersebut disisihkan untuk kepentingan penyidikan,” tegasnya. (sgg)

 

Berita Terkait