Rp3,9 M Buat Rehab

Rp3,9 M Buat Rehab

  Kamis, 4 Agustus 2016 10:16
ilustrasi int

Berita Terkait

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya pada tahun 2016 ini akan merehab 31 SD dan SMP serta membangun empat rumah dinas guru di Kubu Raya.  “Untuk rehab sekolah dan membangun rumah guru tersebut telah dianggarkan pemerintah kabupaten sekitar Rp 3,9 mliar,” kata Kepala bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Firdaus kepada wartawan, Rabu(3/8).

Pengajuan bagi puluhan sekolah yang akan direhab tersebut telah dilakukan sejak tahun 2014-2015. Dari 31 sekolah itu, terdapat 21 sekolah yang akan dilakukan panambahan ruang kelas baik SD maupun SMP.  10 sekolah rehab, baik ringan maupun berat.  Saat ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya telah melakukan sosialisasi terhadap pihak sekolah yang akan dilakukan rehab.

Disinggung masalah penyaluran dana, lanjut Firdaus,langsung masuk ke pihak ke rekening sekolah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. "Nilainya bervariasi. Ada 100 juta, hingga 160 juta. Tapi untuk pembangunan rumah dinas sebanyak empat sekolah senilai Rp 847 juta,"ungkapnya. Ia menambahkan,  tidak hanya 31 sekolah yang akan direhap, tetapi masih banyak sekolah lain yang perlu direhab dan juga dibangun rumah dinas.

"Semuanya menggunakan dana alokasi khusus(DAK) yang masuk kepihak kami.,”ungkapnya. Firdaus menambahkan, sosialisasi dana alokasi khusus bidang pendidikaan tahun 2016 ini, untuk petunjuk teknis penggunaan DAK di bidang pendidikan. Tidak hanya itu, sosialisasi tersebut untuk menyamakan persepsi dalam perencaan, pelaksanaan dan pengawasan penggunaan DAK. “Serta mengetahui capaian pelaksanaan DAK dibidang pendidikan,”ungkapnya. Dengan adanya sosialisasi tersebut, ia berharap mekanisme pengelolaan DAK bidang pendidikan terhadap pengelola ditingkat penerima disekolah. “Intinya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pengerjaan tersebut dan sesuai yang diinginkan,”harapanyan.(ash)

Berita Terkait