Rio Membalap “Gratis” di Jerman

Rio Membalap “Gratis” di Jerman

  Jumat, 29 July 2016 10:27
Rio Haryanto

Berita Terkait

Di tengah derasnya rumor pergantian line up pembalap di tim Manor-Mercedes, menyusul berakhirnya kesepakatan balapan 11 seri dengan pembalap Indonesia Rio Haryanto, kabar gembira datang dari Jerman. Manor memberikan kesempatan kepada pembalap asal Solo tersebut untuk tetap turun di Hockenheim akhir pekan ini. Gratis.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, manajemen Rio hanya mampu membawa dana sponsor EUR 9 juta dari EUR 16 juta yang disyaratkan Manor untuk satu musim. Jumlah tersebut hanya cukup untuk mendanai balapan Rio sampai 11 seri, yakni hingga GP Hungaria 24 Juli lalu. GP Jerman adalah seri ke-12 di kalender balap Formula 1 2016 dan balapan terakhir sebelum jedah musim panas.

''Saat ini Rio akan memfokuskan semua perhatiannya pada balapan akhir pekan ini,'' tulis Piers Hunnisett, manajer Rio tadi malam. Salah satu pertimbangan diambilnya keputusan itu oleh Manor adalah karena kedua pihak sudah terikat kontrak selama setahun dan Rio dianggap sudah tune in dengan mobil Manor MRT05.

Soal nasibnya di separuh kedua musim Piers hanya menjawab pendek: ''Wait and see,''. Menurutnya Manor dan manajemen Rio terus mengupayakan pendanaan sponsor untuk membiayai balapannya hingga akhir musim. Karena itu merupakan kesepakatan awal tim asal Banbury itu dengan manajemen Rio.

Ibunda Rio, Indah Pennywati langsung menyambut gembira kabar kepastian putranya membalap di Hockenheim akhir pekan ini. ''Alhamdulillah. Mudah-mudahan bisa terus sampai akhir musim,'' tulisnya melalui pesan pendek.

Menurutnya, keluarga sudah pasrah andai saja Manor tak memperpanjang kontrak balapnya hingga seri ke-11. Karena semua upaya sudah dilakukan untuk mendapatkan tambahan dana sponsor untuk Rio. ''Rio memang sudah sampai di Frankfrut. Tapi kalau dia tidak membalap yang pulang,'' kata Indah pasrah. Ucapan senada juga dikatakan sang ayah Sinyo Haryanto berkali-kali sebelumnya. ''Kami pasrah dan tidak ingin berkomentar apa-apa lagi,'' imbuhnya.

Tahun lalu pergantian line up pembalap di tengah musim juga dilakukan Manor (saat itu bernama Marussia). Urusannya juga terkait dengan pendanaan. Pembalap Spanyol Roberto Merhi membalap 11 seri sebelum akhirnya digantikan Alexander Rossi lima seri setelahnya. Merhi sempat tampil dua seri lagi berselang-seling dengan Rossi di akhir musim lalu.

Kemenpora RI masih berharap Manor tetap menjaga komitmen mereka untuk tetap mempertahankan Rio hingga akhir musim balap 2016. Dalam perkembanganya Kemenpora juga akan kembali berkirim surat untuk kesekian kalinya kepada pihak Manor.

Di Media Center Kemenpora kemarin sore (27/7), Gatot S Dewa Broto, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora mengakui bahwa draft surat sudah siap untuk ditanda tangani Menpora Imam Nahrawi. ”Paling cepat besok (hari ini, Red) surat kami kirimkan kepada Manor,” terangnya.

Dalam surat tersebut pada intinya senada dengan surat yang juga telah dikirimkan pihak Pertamina yang menjadi sponsor utama Rio bersama Manor. Yakni, bersifat permohonan dengan tegas kepada pihak Manor untuk menjaga posisi Rio di tim. Gatot juga menjelaskan bahwa segala upaya pemerintah Indonesia dan juga Pertamina sudah mentok untuk membantu Rio.

”Koordinasi terakhir, Pertamina juga sudah tidak bisa memberikan dana tambahan buat Rio,” terangnya. Adapun informasi bahwa Manor akan mendapatkan sponsor baru disambut baik pihak Kemenpora. ”Tetapi kalau sponsor baru itu membawa sekaligus pembalap baru itu yang akan menjadi masalah,” lanjutnya. (cak/nap)

Berita Terkait