Ridho Lirik Asia Talent Cup di Sepang

Ridho Lirik Asia Talent Cup di Sepang

  Selasa, 30 Agustus 2016 09:30
BERPRESTASI: Pembalap muda asal Ketapang, M Ridho, didampingi ayahnya, Uti Sumadi, dan mantan Ketua DPRD Ketapang, Gusti Kamboja, berfoto bersama, usai meraih juara di Kejurda Road Race di Singkawang, beberapa waktu lalu.

Berita Terkait

KETAPANG – Suatu kebanggaan yang dirasakan Uti Muhammad Ridwan (15). Pasalnya, pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Ketapang ini, berhasil meraih gelar juara I Kejurda Road Race Seri 3 se-Kalbar, yang berlangsung di Sirkuit Pasir Panjang, Minggu (20/8) lalu.

Anak dari Uti Sumadi Indra Pura ini berhasil meraih juara I kelas MP5 dan juara III pada MP4. Tidak hanya itu, di tahun ini juga ia bersama tim MRRT AMS berhasil meraih juara II pada Kejurnas. Saat ini ia sedang mempersiapkan Kejurda Kalbar seri 4 yang akan dilangsungkan di Kabupaten Sekadau, Desember mendatang.

"Awalnya saya merasa khawatir ketika melihat peserta lainnya yang lebih tua dari saya. Tapi saya meyakinkan diri saya sendiri kalau saya bisa," kata siswa yang baru masuk kelas I SMAN 3 Ketapang itu.

Ridho, sapaannya, mengaku sudah lama hobi dengan adu kecepatan itu. Saat itu ia masih duduk di bangku SMP. Ia mencoba memacu sepeda motornya di jalan raya. Namun, hal itu dilarang oleh orangtuanya. "Dulu bapak tak bolehkan. Tapi akhirnya saya dicarikan pelatih dan diikutkan lomba dan akhirnya bisa menang," jelasnya.

Ridho juga mengaku sangat senang dengan prestasi yang diraihnya. Namun, ia tak berhenti sampai di sini. Ia bercita-cita ingin masuk dan menjadi pembalap profesional. "Mudah-mudahan keinginan saya tercapai dengan dukungan dari masyarakat dan pemerintah," harap siswa yang pernah bersekolah di SMPN 1 Ketapang ini.

Sementara itu, ayah Ridho, Uti Sumadi Indra Pura (47), sangat men-support anaknya untuk berkarier sebagai pembalap. "Awalnya saya melarang. Tapi setelah melihat dia punya potensi, saya carikan pelatih dan saya ikutkan kejuaraan. Dan Alhamdulillah hasilnya memuaskan," katanya.

Sumadi menjelaskan, anaknya sudah mulai mengikuti kejuaraan balap di tingkat kabupaten sejak ia berusia 13 tahun. Saat itu pula, menurut dia, remaja tersebut berhasil meraih juara dan menjadi peserta dan peraih juara termuda. "Selagi dalam bentuk kegiatan positif, akan saya dukung penuh. Ini juga untuk mencegah terjadinya hal-hal negatif," jelasnya.

Dia mengaku tidak murah untuk mendidik dan menyalurkan bakat anak di bidang balap. Terlebih, menurut dia, biaya yang keluar adalah dari kantong pribadi. "Kita berharap ada dukungan dari pemerintah. Terlebih usianya yang masih muda dan bakatnya yang luar biasa, Ridho ini sudah didaftarkan untuk mengikuti Asia Talent Cup di Sepang, Malaysia," ucap Sumadi.

Dia juga mengucapan terima kasih kepada ketua IMI Ketapang, M Tohir, dan guru-guru SMPN 1 dan SMAN 3 Ketapang yang telah ikut mengizinkan Ridho untuk bertanding. "Terima kasih kepada ASAI, tim mekanik telah membantu mempersiapkan semuanya," ungkap Sumadi.

Sementara itu, ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalbar, Iin Solinar, sangat mendukung Ridho untuk bisa masuk ke jajaran pembalap profesional mewakili Kalbar.

Namun menurutnya, untuk menjadi pembalap profesional tidak mudah dan murah. Diungkapkan dia, perlu kerja keras dan biaya yang tidak sedikit. "Saya juga sudah menyarankan kepada ayah Ridho untuk sering-sering diikutkan kejuaraan. Terlebih pada Kejurnas Region Kalimantan. Dari situ bisa melangkah ke jenjang yang lebih tinggi," paparnya.

Dia mengaku sangat mendukung Ridho, untuk bisa menjadi pembalap profesional dan mengharumkan nama daerah. "Giat berlatih dan hindari hal-hal yang berbau negatif seperti narkoba dan minum-minuman keras. Itu akan merusak karier. IMI Kalbar akan terus mendukung dan men-support agar Ridho ini menjadi putra yang membanggakan Kalbar, khususnya Ketapang," pungkas tokoh asal Ketapang tersebut. (ser)

Berita Terkait