Rider X Games Asal Pontianak Berjaya di Malaysia

Rider X Games Asal Pontianak Berjaya di Malaysia

  Senin, 28 March 2016 09:33
JUARA : Matt Mo (kanan) dan Mirza Onway (kiri) foto bersama usai meraih juara dalam kompetisi Green Park X Games 2016 di Sibu, Sarawak, Malaysia. MATT MO FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

Dua rider asal Pontianak, yaitu Matt Mo (Skateboard) dan Mirza Onway (BMX) masing-masing berhasil meraih juara ke-tiga dalam Green Park X Games 2016 di Sibu, Sarawak, Malaysia.

IDIL AQSA AKBARY, PONTIANAK

Setelah cukup berpengalaman dan malang melintang di kompetisi lokal maupun nasional, dua rider X games asal Kota Pontianak, Matt Mo (Skateboard) dan Mirza Onway (BMX) mulai melebarkan sayap untuk aktif mengikuti kompetisi di luar negeri. Sudah cukup sering mereka mengharumkan nama daerah dengan menjuarai berbagai even. 

Baru-baru ini, Sabtu (26/3), di negara tetangga Sarawak, Malaysia, prestasi membanggakan kembali diraih. Dalam even peresmian sebuah skate park di Sibu, Sarawak, Malaysia, bernama Green Park X Games 2016 keduanya berhasil meriah juara ke-tiga.

Matt Mo menceritakan ada beberapa kategori ekstrim games yang dipertandingkan pada kompetsi tersebut, diantaranya aggressive in line, BMX dan skateboard. Menurutnya rider asal Pontianak baik skateboard maupun BMX lumayan dikenal di sana. “Rider asal Pontianak, orang Malaysia sering menyebut anak Ponti,” katanya saat dihubungi Pontianak Post, Minggu (27/3). 

Meski hanya bisa meraih juara ke-tiga, namun tetap menjadi kebanggan tersendiri. Mengingat peserta yang mengikuti ajang tersebut juga cukup ramai, tidak hanya rider-rider asal Serawak saja tetapi negera tetangga lainnya seperti Brunei dan Singapura juga ikut berkompetisi. “Ramai yang ikut, persaingannya juga sengit, banyak yang jago-jago,” ujarnya. 

Perjuangan untuk sampai ke sana pun tak mudah, demi mengikuti ajang tersebut mereka berdua harus rela merogoh kocek sendiri. Tidak banyak dukungan selain keluarga, teman-teman dan beberapa sponsor lokal khusus BMX dan skateboard. Untuk bisa sampai ke Sibu mereka harus naik bus umum selama 18 jam perjalanan.

Terkait dukungan dari pemerintah atau instansi terkait, Matt Mo memilih tidak banyak berkomentar. Hobi dan kecintaannya dengan olahraga skateboard yang sangat tinggi, membuatnya merasa tidak perlu harus menunggu banyak dukungan. “Sudah banyak saya menjuarai kompetisi di luar, membawa nama daerah, tapi dukungan tetap minim,” ucapnya.

Menurutnya selama masih bisa berjuang sendiri apapun akan dilakukan demi meraih prestasi dan membanggakan daerah asalnya. Sementara itu, Mirza hanya berharap fasilitas berlatih di kota kelahirannya Pontianak bisa semakin memadai. Dia menilai harus banyak tempat-tempat bermain khusus olahraga aggressive in line, BMX maupun skateboard. Dengan demikian dia yakin bisa semakin banyak para rider yang mampu berprestasi hingga mancanegara. “Semoga skatepark di Pontianak segera jadi dan mampu mewadahi para rider beraktifitas positif serta meraih prestasi,” harapnya.** 

Berita Terkait