Ribuan Warga Pontianak Siap Berjepin, Ini Penampakannya

Ribuan Warga Pontianak Siap Berjepin, Ini Penampakannya

  Sabtu, 21 Oktober 2017 07:00
FOTO; Rendrayani

Berita Terkait

RIBUAN masyarakat Kota Pontianak siap menyukseskan Pontianak Berjepin yang akan digelar di depan Kantor Walikota Pontianak pada Senin, 23 Oktober, usai upacara bendera sekitar pukul 08.00 WIB. Hingga saat ini warga yang sudah terdaftar ditas 3000 orang. Jumlah ini belum termasuk PNS dan pelajar lingkungan Pemerintahan Kota Pontianak. Dalam sesi latihan Jumat (20/10) sore, Jalan Rahadi Usman penuh sesak dijejal warga.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Rendrayani mengatakan, gagasan awal Pontianak Bejepin ini, setelah beberapa kebudayaan Pontianak ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda.  Diantaranya seperahan, arakan pengantin dan kain tenun corak insang. 

Untuk itu, melalui Pontianak Berjepin ini pihaknya mencoba kembali mengangkat salah satu budaya khas melayu yang lain. Dengan harapan bisa semakin meningkatkan eksistensi jepin di tengah masyarakat.  

Ia menjelaskan, untuk suksesnya tarian jepin massal ini, pihaknya menggandeng pihak sanggar untuk mengaransemen lagu dan gerakan tari. Menurutnya, gerakan jepin ini sengaja dibuat sedemikian rupa sehingga memudahkan bagi siapa saja untuk mengikutinya. "Konsepnya sengaja kami buat sedemikian rupa sehingga mudah diikuti siapa saja," ungkapnya.

Ririn, sapaan akrab Rendrayani, menambahkan, pihaknya sudah mulai menggelar latihan secara rutin demi lancarnya gawean Pontianak Bejepin nanti. Latihan dilakukan rutin di lima lokasi berbeda. Untuk hari Selasa dan Kamis, latihan digelar di Halaman Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jalan A Yani, Halaman Kantor Badan Keuangan Daerah dan Halaman Dinas Perhubungan. Kemudian, Rabu dan Jumat di Halaman Gedung Terpadu Jalan Sutoyo dan Halaman Kantor Wali Kota.

Lagu berjudul Kote Pontianak akan mengiringi Pontianak Bejepin, yang berdurasi sekitar tiga menit 50 detik. "Acara ini terbuka untuk umum, siapa saja silakan bergabung Pontianak Berjepin syaratnya hadir ketika upacara dengan Pakaian Telok Belanga dan kain corak insang bagi laki-laki dan baju kurung dan kain corak insang bagi perempuan. Yang penting tepat waktu dan tidak mengganggu jalannya upacara," pungkasnya.**

Berita Terkait