Ribuan Pasang Kaki Membeludak Jejaki Pantai

Ribuan Pasang Kaki Membeludak Jejaki Pantai

  Senin, 11 July 2016 09:30
PADAT PENGUNJUNG: Pengunjung Pantai Pulau Datok mulai dipadati pengunjung sejak H+2 hingga Minggu (10/7) kemarin. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

 
Para pengunjung berbondong-bodong datang dan memadati Pantai Pulau Datok. Pantai yang menjadi andalan di Kabupaten Kayong Utara tersebut, sejak H+2 Idulfitri hingga Minggu (10/7) kemarin, telah dikunjungi kurang lebih 6 ribu pengunjung dari berbagai daerah.

DANANG PRASETYO, Sukadana

“KALAU dilihat jumlah penjulan tiket diperkirakan lebih 6 ribu orang datang ke Pantai Pulau Datok ini. Belum lagi yang tidak dihitung dengan yang tidak membeli tiket,” jelas Nasir, salah seorang warga, di Sukadana.

Untuk jumlah pengunjung, sambung dia, pastinya akan terus meningkat selama liburan perayaan Idulfitri. Dan diperkirakan dia, puncak pengunjung Pantai Pulau Datok terjadi pada Minggu kemarin. Karena itu merupakan hari terakir liburan Idulfitri kali ini. “Untuk ini saja sudah padat. Kemungkinan hari ini puncak kepadatan pengunjung di Pantai Pulau Datok,” ucap Nasir.

Lokasi puncak Sail Selat Karimata yang akan digulirkan pada 15 Oktober mendatang tersebut, memang mejadi destinasi wisata yang kerap dikunjungi. Apalagi, lanjutnya, saat liburan perayaan Idulfitri maupun Iduladha. Sedangkan untuk para pengunjung tidak hanya dari dalam kabupaten ini, namun juga terdapat dari luar kabupaten lain seperti Ketapang bahkan ada juga dari Kota Pontianak.

Menganai hal ini, salah satu pengunjung Pantai Pulau Datok, Irvan, dari Kota Pontianak menuturkan jika dirinya selalu mengunjungi Pantai Pulau Datok saat berada di Kabupaten Kayong Utara. Karena, menurut dia, Pantai Pulau Datok berbeda dari pada pantai yang ada di Kalbar. Perbedaan tersebut, menurut dia, salah satunya terletak pada pepohonan yang berjejer rapi di sepanjang pantai. Sehingga, lanjut Irvan, tampak indah, sejuk, dan dapat untuk berteduh dari sengatkan cahaya matahari pada siang hari.

“Kebetulan tahun ini saya berlebaran di tempat kakek saya. Jadi kalau saya ke sini, saya selalu meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat wisata andalan di Kayong Utara,” kata Irvan.

Menurut Irvan, Pantai Pulau Datok saat ini banyak mengalami perubahan, terutama dari segi pembangunan dan fasilitas pendukung, di mana perubahan ini diharapkan bisa menarik wisatawan sebanyak mungkin untuk datang ke Kayong Utara. Terlebih, sebentar lagi lokasi pantai ini akan dijadikan pusat kegiatan pada Sail Selat Karimata nanti.

“Sail Selat Karimata tidak lama lagi. Semoga saja pada acara puncak yang akan digelar di Pantai Pulau Datok dapat berjalan dengan lancar dan dapat berdampak positif  bagi perekonomian masyarakat setempat. Namun yang terpenting pasca acara Sail nanti, infrastruktur yang telah dibangun pemerintah dan promosi yang telah digalak besar-besaran, dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kemajuan Kabupaten Kayong Utara. Serta untuk aset yang ada dapat dijaga sebaik mugkin,” tutup Irvan. (*)

Berita Terkait