Ria Norsan Pimpin IPHI Kalbar

Ria Norsan Pimpin IPHI Kalbar

  Sabtu, 27 Agustus 2016 13:22
PANJI: Drs. H Ria Norsan, MM, MH menerima bendera panji IPHI dari Ketua Umum IPHI, Mayjen (Purn) H. Kurdi Mustofa

Berita Terkait

PONTIANAK– Drs. H. Ria Norsan, MM, MH dipercayakan memimpin Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Kalimantan Barat periode 2016-2021. Bupati Mempawah dan jajaran pengurus lainnya itu di dilantik oleh Ketua Pimpinan Pusat IPHI, Mayjen (Purn) Kurdi Mustofa, di Aula Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Jumat (26/8) siang.Usai dilantik, Pengurus IPHI Kalimantan Barat langsung melaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil).

“Ketua baru IPHI Kalbar ini memenuhi ketiga syarat utama. Yakni matang, mapan, dan mampu mewarnai eksistensi IPHI,” puji Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat, Syahrul Yadi, mengomentari pelantikan Ketua IPHI Kalbar.

Syahrul menilai keberadaan IPHI sangat penting dan strategis. Sebab, IPHI memiliki potensi yang sangat besar. Dengan jumlah anggota yang banyak dan tersebar di berbagai lapisan masyarakat, IPHI harusnya mampu menjadi sarana pemersatu umat.

“IPHI ini adalah sarana jihad yang mantap,” pendapatnya. 

Syahrul pun menjabarkan tugas penting yang diemban Pengurus IPHI Kalbar. Pertama, menjaga marwah seorang haji agar tetap mabrur. Agar tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, maka harus disusun program kerja yang matang untuk menjaga marwah umat.

“Untuk menjaga marwah harus siap berkorban. Misalnya, alumnus haji bisa saja patungan untuk mengongkosi saudara muslim lainnya untuk pergi ke Tanah Suci. Satu orang menyumbang 100 ribu rupiah, maka 2.000 anggota IPHI bisa mengumrahkan banyak orang. IPHI harus jadi medan magnet yang besar. Harus menjadi pengikat bagi umat Islam,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua IPHI Kalimantan Barat, Drs. H Ria Norsan, MM, MH berjanji akan membuat program kerja yang menyentuh langsung pada kebutuhan umat. Bersama-sama pengurus wilayah lainnya, Bupati Mempawah dua periode ini mengaku segera merumuskan program-program produktif bagi umat Islam.

“Kita punya tugas besar menjaga kemabruran haji. Nah, haji mabrur itu bisa dilihat dalam sikap dan kiprahnya seusai haji. Tidak saja shaleh secara individual, tapi juga menjadi muslim yang punya keshalehan sosial. Karena itu kita juga berharap dukungan penuh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terhadap IPHI, termasuk dalam hal pendanaan,” tegasnya.(wah).

Berita Terkait