Revitalisasi-Aktualisasi Nilai Pancasila

Revitalisasi-Aktualisasi Nilai Pancasila

  Selasa, 25 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Dalam kegiatan revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kalbar, Plt Kepala Badan Kesbangpol Kalbar, Parbubu Lumban Tobing mengatakan, Pancasila dilahirkan dari hasil pemikiran dan cita-cita the founding fathers melalui suatu proses pengkajian yang cukup lama.

Dalam nilai-nilai Pancasila yang kemudian ditindaklanjuti dengan perumusan konstitusi sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, UUD 1945 bukan hanya merupakan dokumen tertulis, tetapi mengandung nilai-nilai kehidupan yang tidak tertulis seperti pandangan hidup, cita-cita, dan falsafah yang merupakan nilai-nilai luhur bangsa dan menjadi landasan dalam penyelenggaraan negara.

“Mengingat bahwa Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi bangsa, serta hasil dari perjuangan para pejuang bangsa Indonesia. Pancasila wajib untuk diimplementasikan seluruh warga negara Indonesia dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Parbubu.

“Dengan dilandasi nilai-nilai dan falsafah Pancasila, bangsa Indonesia akan mampu merespon kemajuan zaman dengan bijak dan adil termasuk meletakkan dan memandang masa lalu, masa kini, dan masa depan secara lebih profesional dan objektif,” katanya.

Ia mengatakan, untuk penataan kembali kerangka kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila merupakan suatu keniscayaan bagi terwujudnya Indonesia yang aman, damai, adil, dan demokratis yang dicita-citakan.

Upaya revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila harus terus dipupuk dan ditingkatkan, baik melalui formal kebijakan negara maupun informal dalam tatanan sosiokultural kehidupan masyarakat.

Kegiatan diselenggarakan di Hotel Sanjaya Kapuas Hulu, 20 Oktober 2016. Peserta diikuti oleh 85 orang yang terdiri dari pelajar, generasi muda dan pramuka. Sementara yang menjadi narasumber, yaitu Kodim 1206 Putussibau, Polres Putussibau, Badan Kesbangpol Kalbar, serta Bagian Kesatuan Bangsa Sekretariat Daerah Kapuas Hulu. (d5/ser)

Berita Terkait