Reuni Akbar Poltesa , Sukses dan Dihadiri Ribuan Alumni

Reuni Akbar Poltesa , Sukses dan Dihadiri Ribuan Alumni

  Selasa, 1 December 2015 09:35
DIABADIKAN BERSAMA: Para alumni, mahasiswa, civitas akdemik Poltesa berfoto bersama direktur Politeknik Negeri Sambas dan para dosen dalam Reuni Akbar Poltesa, Sabtu (28/11) lalu di kampus mereka. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SAMBAS – Ribuan alumni, mahasiswa, dan civitas akademik‎ Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) sukses digelar.  Selain itu, ada Deklarasi Wadah Alumni  ‘Temu Tokoh Pendiri dan Civitas Akademik,’ dalam Reuni Akbar Poltesa tahun 2015, Sabtu (28/11) lalu, di Kampus Poltesa.

Menurut Presidium Korps Alumni Mahasiswa Politeknik Negeri Sambas (KAM-POLTESA), Aan Sumatri, reuni akbar ini berlangsung sepanjang 28 – 29 November. Aan begitu ia disapa, mengharapkan agar berdirinya Poltesa ini menjadi wadah melahirkan para  generasi unggul. “Sebelum kita mengharapkan orang berbangga kepada Politeknik, maka kita para alumni dan mahasiswa harus berbangga memiliki kampus Politeknik Negeri Sambas ini,” ungkapnya.

Mewakili alumni, Aan pun menyampaikan ucapan  terima kasih kepada para pendiri Poltesa, serta seluruh civitas akademik yang telah membangun kampus ini. “Semua ini berkat perjuangan para tokoh pendiri, Bapak Direktur dan seluruh civitas akademik yang bekerja sama untuk memajukan Poltesa, sehingga lulusan Poltesa dapat menempati hampir seluruh struktur kehidupan masyrakat, baik di sosial, budaya, politik, PNS, pengusaha, bidang IT, dan lain-lain,” katanya.

Disampaikannya bahwa menurut penelitian Tim BKKBN dan data Susenas, Sambas akan mendapatkan bonus demokrafi  di tahun 2025 – 2030. Disebutkan dia jika peran perguruan tinggi sangat penting dalam mendukung sumberdaya manusia, untuk menghadapi bonus demokrafi tersebut. Terlebih, dia menambahkan, hal ini akan sangat mendukung dengan apa yang divisikan Poltesa, untuk menjadikan pendidikan vokasi yang unggul di tingkat nasional dan global pada tahun 2034.

Direktur Poltesa Tedi Heryanto SPd MM memastikan jika alumni mereka bisa senergi dengan aktivitas Poltesa yang menjadi sebuah kekuatan. Dia juga menambahkan bagaimana mereka bersama-sama menyeimbangkan dan membangun kampus ini ini. Diungkapkan dia, mulai dari tahun ini mereka masih memfokuskan diri pada penyediaan infrastruktur sarana dan prasarana kampus, demi menunjang aktivitas perkuliahan.‎ Setelah itu, dia menegaskan, mereka akan benar-benar fokus pada program mutu. Untuk ke depannya, Tedi berharap Politeknik berubah menjadi Unversitas Sain Terapan Sambas. Dengan demikian, dia menargetkan bahwa mereka tak hanya mencetak lulusan diploma IV tapi juga magister terapan. "Kita berharap lulusan Poltesa dapat bermanfaat di masyarakat. Seperti Hadis Rasullullah: Sebaik-baik manusia adalah yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Insyallah cita-cita itu bisa kita dapatkan, asal kita berusaha dan berdoa itu dua kuncinya, tidak boleh berjalan sendiri-sendiri,” katanya.

Sementara itu‎, salah seorang pendiri Poltesa, Ir H Burhanudin A Rasyid berharap dengan adanya persatuan alumni, mampu untuk menjawab tantangan dan porsoalan masyarakat di kabupaten ini. Ia juga mengucapkan selamat kepada Poltek karena dapat menggiring mereka dari perguruan tinggi swasta menjadi negeri. ”Jangan ragu-ragu dan jangan bimbang, yakinlah apa yang akan diimpikan suatu saat akan terwujud sesuai dengan cita-cita pendiri Poltek,” pesan mantan Bupati Sambas tersebut. 

Reuni akbar ini juga diisi‎ malam hiburan dan jalan sehat, di mana ‎ribuan alumni, mahasiswa, dan masyarakat memenuhi halaman Kampus Poltesa, dalam rangka memeriahkan acara Reuni Akbar. Para penonton pun dibuat terpukau dengan aksi-aksi penampilan dari robotic dance dan beat box (UKM Seni Poltesa), serta sepesial performance dari Esperanza dan Phytoplankton. Pagi harinya, Minggu (29/11) dilaksanakan jalan sehat yang diiringi drum band dari SMPN 1 Sambas, pembagian door prize, Pameran TTG dan Inovasi Ekspo PKM dan Wirausaha, serta penutupan rangkaian kegiatan Reuni Akbar oleh  Direktur Poltesa. (har)

 

 

Berita Terkait