Reuni 20 Tahun SMAN 8 dan Pankreas SMAN 7

Reuni 20 Tahun SMAN 8 dan Pankreas SMAN 7

  Senin, 8 Agustus 2016 09:45
FOTO BERSAMA: Alumni ‘96 Smandel foto bersama para guru aktif, serta kepala sekolah saat mereka bersekolah dan guru purna tugas. MADE FRANS/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Alumni dan Siswa Padukan Kegiatan

SUASANA keakraban terlihat sangat kental, saat para alumni ’96 SMAN 8 (Smandel) Pontianak (sekarang SMAN 7 Pontianak) menggelar kegiatan bersama siswa/i dan para guru SMAN 7 Pontianak di halaman sekolah, Sabtu, 6 Agustus 2016. Marching band para siswa membuka kegiatan pagi itu, dilanjutkan penampilan tarian. Usai sambutan Kepala SMAN 7 Pontianak, Karjana; mantan Kepala SMAN 8 Pontianak, Mustafa Sahiyus; dan ketua panitia reuni 20 tahun alumni ’96 Smandel; para alumni dan siswa/i bertanding futsal.

Dalam sambutannya, Mustafa bersyukur, SMAN 7 Pontianak telah banyak mengalami perkembangan, baik prestasi siswa maupun kondisi fisik sekolah. “Alhamdulillah, hari ini, kami bisa hadir dalam kesempatan bahagia ini untuk bertatap muka. Mudah-mudahan ke depan, sekolah dapat lebih berkembangan,” katanya.

Terpisah, Karjana menyampaikan, kegiatan pankreas SMAN 7 Pontianak kali ini dipadukan dengan acara reuni 20 tahun alumni ’96 smandel. Pankreas merupakan pekan kreasi dan seni siswa/i SMAN 7 Pontianak yang selalu diadakan pada semester genap. “Tapi karena kemarin pas jatuh di bulan puasa, pankreas kami undur. Melalui pankreas, siswa/i kami menampilkan kreasi mereka, mulai cabang lomba olahraga hingga masak. Puncaknya pentas seni dan beberapa stan jual makanan. Hasil karya kerajinan siswa pun kami lombakan,” jelasnya.

Ia menyambut baik keinginan alumni ’96 smandel menggelar reuni di sekolah, terlebih para alumni ingin lebih dapat bersilaturahmi dengan para guru dan adik-adik kelasnya.  “Kami salut pada alumni ’96 yang sudah setting acara seperti ini. Alumni dan siswa bisa isi acara bersama, hadirkan kepala sekolah dan guru-guru purna tugas. Para alumni pun bisa beri teladan bagi adik-adik kelas, agar tidak lupa dengan almamater sekolahnya,” ujar Karjana.

Ia berharap, acara berjalan lancar dan sukses. Serta, para siswa termotivasi dengan kesuksesan para abang dan kakak kelasnya yang telah lulus 20 tahun lalu. Ia menambahkan, SMAN 7 Pontianak telah meraih berbagai prestasi, seperti meraih standar ISO manajemen mutu, juara voli putra/i tingkat provinsi yang digelar Fakultas Teknik Untan; juara 2 menyanyi solo, juara 2 pingpong, juara 3 badminton untuk tingkat Kota Pontianak; serta berbagai prestasi lainnya.

Ridwan, koordinator reuni ’96 smandel menyampaikan, setelah 20 tahun lulus, para alumni kembali berkumpul lagi di sekolah. Reuni mendapat respon bagus, banyak alumni yang hadir, termasuk dari luar Kalimantan Barat, seperti Bali, Bandung, Jakarta, Pekanbaru, dan Jambi. “Kami jaring data konektifitas yang selama ini terlupakan. Reuni di sekolah, memang ide dari teman-teman,” katanya. Para lulusan 1996 tersebut ingin bernostalgia dan bersilaturahmi dengan para guru, serta adik-adik kelasnya.

“Dulu, SMA kami dikenal dengan prestasi di luar sekolah. Kami mau tahu apa adik-adik masih mewarisi hal itu. Untuk isi acara reuni dan pankreas kami tidak mau dari luar, jadi adik-adik bisa tampilkan yang terbaik dari mereka,” ujarnya.

Dalam reuni kali ini, para alumni ingin ada hiburan yang bermanfaat pula. Karena itu, para alumni menggalang dana. “Alhamdulillah, dari dana tersebut, kami bisa bantu buat rangka baliho, ada di lapangan basket. Lalu, kami juga berikan bantuan material untuk pembangunan musola baru yang sedang dikerjakan,” pungkasnya. (d1/ser)

Berita Terkait