Resmikan Polres Mempawah

Resmikan Polres Mempawah

  Rabu, 25 November 2015 09:30
POLRES BARU: Kapolda Kalbar, Polres Mempawah, Bupati Mempawah dan Bupati KKR memencet tombol pertanda diresmikannya perubahan nama Polres Mempawah. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

 

MEMPAWAH- Melalui Surat Keputusan (SK) Kapolri Nomor 738 tertanggal 31 Agustus 2015, Polres Pontianak berganti nama menjadi Polres Mempawah. Seremonial peresmian perubahan nama tersebut dilakukan oleh Kapolda Kalbar, Brigjen Arief Sulistyanto, Selasa (24/11) siang di Halaman Mapolres Mempawah.Selain Kapolda dan jajaran pejabat kepolisian dilingkungan Polda Kalbar dan Polres Mempawah, acara peresmian Kapolres Mempawah juga dihadiri sejumlah pejabat daerah mulai dari Bupati Mempawah, Bupati Kabupaten Kubu Raya (KKR), Pejabat TNI, Forkopimda Kabupaten Mempawah,Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Pemuda di Kabupaten Mempawah.

“Mudah-mudahan perubahan nama ini membawa keberkahan dan kebaikan bagi seluruh jajaran anggota Polres Mempawah dalam mengemban tupoksinya dimasyarakat. Jadikan momentum ini sebagai motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dan fungsi kepolisian,” pesan Kapolda dalam sambutannya Arief mengungkapkan, sebelum menjabat Kapolda Kalbar dirinya tidak mengetahui adanya kemiripan nama antara Polresta Pontianak dan Polres Pontianak. Setelah mengetahui  adanya kesamaan tersebut, maka dirinya pun mengintruksikan jajarannya agar memproses administrasi perubahan nama ke Mabes Polri.

“Perubahan nama Polres Mempawah ini sudah dua kali diusulkan. Dan pada tahun 2014, saya perintahkan perubahan nama Polres Mempawah diajukan kembali ke Mabes Polri. Karena sering terjadi kekeliruan administratif dan lainnya antara Polresta Pontianak dan Polres Pontianak,” ujar Arief. Namun, timpal Kapolda, proses perubahan nama tersebut tidaklah mudah. Hingga dalam perjalannya memakan waktu yang cukup panjang. Sebab, diperlukan persiapan dan penyesuaian administrasi sebelum perubahan direalisasikan.

“Dan alhamdulillah pada tanggal 31 agustus 2015, SK Kapolri terkait perubahan nama Polres Mempawah telah diterima. Karenanya, perubahan nama ini bukan sesuatu yang gampang dan sederhana. Perubahan ini harus dihargai dan dibayar dengan kerja keras serta pengabdian yang tulus ikhlas kepada masyarakat,” tegasnya. Lebih  jauh, Kapolda berpesan agar seluruh jajaran pejabat dan personil Polres Mempawah senantiasa meningkatkan profesionalitas kerja. Para pejabat Polres Mempawah harus bisa mengelola birokrasi dengan baik dan penuh tanggungjawab sesuai ketentuan yang berlaku. “Saat ini, kita sedang dalam proses perubahan mental birokrasi reformasi yang berpihak dan mengedepankan pada kepentingan masyarakat.

Tegakan integritas dan etos kerja pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. Selamat atas perubahan Polres Mempawah, selalu tingkatkan kinerja dan berikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” tukasnya. Sementara itu, Kapolres Mempawah, AKBP Suharjimantoro menjelaskan, perubahan nama Polres Pontianak sudah pernah dilakukan beberapa kali sejak tahun 1977, 1980, 1985 dan 2015 ini. Suharjimantoro mengaku perubahan nama tersebut sejak lama telah ditunggu dan dinantikan seluruh jajarannya. “Adanya kesamaan nama antara Polresta Pontianak dan Polres Pontianak menyebabkan kami kerap mengalami kesulitan dan kendala. Terutama berkenaan dengan proses administrasi yang sering keliru,” tuturnya.

Karenanya, Kapolres menyebut pihaknya sangat bersyukur dan menyambut baik terealisasinya perubahan nama Polres Mempawah sebagaimana ditetapkan melalui SK Kapolri Nomor 738 tertanggal 31 Agustus 2015. “Tentunya, momentum perubahan nama ini akan menjadi cambuk bagi kami untuk senantiasa tingkatkan kinerja dan menjiwai setiap langkah sebagai ibadah. Kepada seluruh personil baik di Polres, Polsek hingga Babinkamtibmas, agar selalu menjadi teladan dan tokoh bagi lingkungan masyarakatnya,” pinta Kapolres.

Ditempat yang sama, Bupati Mempawah, H Ria Norsan menyambut baik  perubahan nama Polres Pontianak menjadi Polres Mempawah. Sebab, dari jajaran Forkopimda hanya Polres Pontianak yang belum berubah nama. “Alhamdulillah pada hari ini, perubahan nama Polres Mempawah bisa direalisasikan. Semoga perubahan nama ini semakin meningkatkan kerjasama antar seluruh element birokrasi untuk membangun daerah dan masyarakat Kabupaten Mempawah dimasa mendatang,” singkatnya.Peresmian Polres Mempawah ditandai dengan pembukaan tirai papan nama Polres Mempawah yang dilakukan serentak oleh Kapolda Kalbar, Polres Mempawah, Bupati Mempawah dan Bupati KKR.(wah)

Berita Terkait