Relokasi Pedagang Akhir Januari

Relokasi Pedagang Akhir Januari

  Rabu, 11 January 2017 09:30
TINJAU: Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat meninjau pembangunan Pasar Tengah. Ia menargetkan akhir Januari ini, pedagang akan direlokasi. ISTIMEWA

Berita Terkait

PONTIANAK - Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, pembangunan Pasar Tengah pengerjaannya sudah hampir rampung. Mengenai relokasi pemindahan pedagang dari blok satu hingga tujuh akan segera dilakukan setelah pendataan pedagang oleh petugas Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Pontianak selesai. Relokasi ditargetkan akhir Januari terlaksana.

“Pembangunan Pasar Tengah untuk fisik sudah mendekati 100 persen. Tinggal beberapa pekerjaan kecil saja karena masih dalam masa pemeliharaan 60 hari. Kalau untuk relokasi kabar terbarunya, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Pontianak, melakukan verifikasi validasi data pedagang yang ada di Pasar Tengah,” ucapnya kepada Pontianak Post, Selasa (10/1).

Dijelaskan dia, verifikasi dilakukan untuk mengatur penempatan pedagang agar tak semrawut. Untuk penempatannya itu Pemerintah Kota Pontianak akan memprioritaskan pedagang lama yang memiliki SPTU.

Lebih dalam kata Edi, dalam penempatan pedagang akan di kelompokkan berdasar jenis dagangan. Misal jenis pedagang klontong, pakaian, onderdil dan makanan sampai jenis usaha potong rambut dan layanan jasa akan diatur penempatannya.

Setelah Pasar Tengah rampung dan di tempati pedagang, Edi berharap fungsi pasar benar-benar maksimal baik di lantai satu dan duanya. Harapan lain, ia ingin Pasar Tengah menjadi contoh pasar sukses. Bukan hanya di Kalbar dan Pontianak saja, tapi pasar yang dibangun ini dapat dijadikan contoh model pasar bagus di Kota se Indonesia bahkan. 

“Pasar Tengah ini cikal bakal perdagangan pertama di Pontianak. Seetalah pasar ini dibangun kesan semrawut dulu perlahan akan hilang. Meski pasar sudah bagus, namun Kita tak menghilangkan kesan tradisionalnya,” ungkapnya.

Pembangunan Pasar Tengah merupakan salah satu program Kota Baru dari Bappenas. Semoga relokasi yang ditargetkan Pemerintah Pontianak akhir Januari dapat berjalan tak berkendala. Jika pedagang sudah di petakan dan pengelompokkannya sudah jelas ia meyakini pedagang paham.

“Saya pribadi ingin fungsi pasar ini secepatnya difungsikan. Karena lebih cepat lebih baik. Dengan begitu pedagang dapat berdagang kembali di tempat itu, dan merasakan manfaat perekonomian di sana,” tutupnya.(iza) 

Berita Terkait