Realisasikan Program Pendidikan Keluarga

Realisasikan Program Pendidikan Keluarga

  Sabtu, 16 December 2017 10:00
BANTU: Kepala SDN 01 Mempawah Hilir, Siti Hawa menyerahkan bantuan kepada pengurus Panti Asuhan Alfalah.WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SDN 01 Mempawah Hilir
 

MEMPAWAH - SDN 01 Mempawah Hilir berkesempatan merealisasikan salah satu program nasional yang dicanangkan pemerintah pusat di tahun 2017 ini. Adalah program pendidikan keluarga yang direalisasikan dalam bentuk bantuan penguatan pendidikan keluarga, anak dan remaja dengan penguatan kapasitas orang tua.
Kepala SDN 01 Mempawah Hilir, Siti Hawa menjelaskan, anggaran yang dialokasikan dalam program pendidikan keluarga tersebut dilaksanakannya dengan menggelar kegiatan sosial kemasyarakatan. Pihaknya terlebih dahulu melakukan survey sebelum menentukan objek kegiatan.
 “Akhirnya kami menentukan kegiatan sosial kemasyarakatan akan dilakukan sekitar dilingkungan sekolah dan panti asuhan alfalah mempawah. Karena, kedua objek ini kami nilai sangat tepat dan strategis untuk mencapai sasaran program,” terang Hawa, Jumat (15/12) di ruang kerjanya.
Dipilihnya panti asuhan sebagai objek realisasi bantuan bukan tanpa alasan. Menurut Hawa, panti asuhan sebagai lembaga yang tepat untuk menyalurkan bantuan sosial kemasyarakatan. Sekaligus memberikan edukasi kepada para siswa agar lebih peduli untuk membantu sesama manusia.
 “Selama ini siswa hanya melihat lingkungan sekolah saja. Maka kami pilih lingkungan diluar sekolah yakni panti asuhan. Tujuannya untuk membangkitkan semangat kemanusiaan dan kepedulian sosial siswa untuk berbagi dan membantu kesulitan orang lain,” pendapatnya.
Dengan begitu, dirinya berharap seluruh siswan SDN 01 Mempawah Timur akan tumbuh menjadi generasi muda yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya.
 “Ini salah satu wujud pendidikan karakter terhadap siswa. Melalui penyaluran bantuan ini, siswa diharapkan dapat memetik pembelajaran tentang nilai-nilai sosial kemanusiaan. Hingga nanti akan membentuk karakter siswa menjadi manusia yang memiliki kepedulian sosial tinggi,” harapnya.
Selain itu, masih menurut Hawa, program pendidikan keluarga juga diwujudkannya dengan mengundang alumni SDN 01 Mempawah Hilir yang telah berhasil mengukir prestasi dibidangnya masing-masing. Tujuannya, untuk memotivasi siswa untuk terus semangat belajar guna menggapai prestasi.
 “Kami juga menghadirkan ahli psikolog untuk memotivasi seluruh siswa agar semakin semangat belajar. Pesan utama yang ingin kita sampaikan melalui kegiatan ini adalah pendidikan keluarga itu sangat penting. Karena, pendidikan bukan hanya di sekolah melainkan utamanya di lingkungan keluarga atau orang tua,” pungkasnya.(wah)

Berita Terkait