Razia,110 Bal Lelong Ditahan

Razia,110 Bal Lelong Ditahan

  Rabu, 21 March 2018 11:00
RATUSAN: Petugas menunjukan ratusan bal pakaian lelong yang terjaring razia. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH-Jajaran Polsek Sungai Kunyit berhasil mengamankan 110 bal pakaian bekas (lelong). Barang ilegal itu diangkut menggunakan dua buah truk yang terjaring dalam kegiatan cipta kondisi yang dilaksanakan petugas di Jalan Raya Sungai Kunyit (didepan Mapolsek Sungai Kunyit), Rabu (14/3) pekan lalu.

Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso, S.Ik melalui Kapolsek Sungai Kunyit, Ipda.Ambril Sh, M.AP membenarkan penangkapan dua unit kendaraan yang mengangkut ratusan bal lelong saat melintas diwilayah hukumnya itu. Ambril menjelaskan, penangkapan bermula dari kegiatan razia kendaraan yang dilaksanakan oleh jajarannya.

Sekitar pukul 01.00 dini hari, petugas melakukan kegiatan cipta kondisi di depan Mapolsek Sungai Kunyit untuk melakukan penindakan terhadap berbagia bentuk pelanggaran diwilayah itu. Saat melakukan razia, dua unit kendaraan truk dengan nomor polisi DA 9203 YA dan mobil truk canter DA 8284 HB melintas di Jalan Raya Sungai Kunyit.

 “Kedua kendaraan ini tidak melintas secara bersamaan, melainkan beriringan dengan jeda waktu kurang lebih 30 menit. Kendaraan yang pertama kali terjaring adalah truk DA 9203 YA sekitar pukul 01.30 dini hari,” ungkap Ambril.

Petugas menaruh curiga terhadap muatan yang diangkut mobil truk yang dikemudikan oleh Hasan (34) warga Desa Bata, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan itu. Petugas pun menghentikan laju kendaraan plat kuning itu.

“Petugas meminta supir membuka terpal dibagian belakang truk. Dan ketika dibuka, petugas mendapatkan bal-bal yang berisikan pakaian lelong. Jumlahnya sebanyak 40 bal,” papar Ambril.

Tak puas sampai disitu, petugas pun melanjutkan kegiatan cipta kondisi razia kendaraan. Selang 30 menit kemudian sekitar pukul 02.00 WIB, petugas mendapatkan sebuah truk dengan nomor polisi DA 8284 HB melintas didepan Mapolsek dengan membawa muatan yang mencurigakan petugas.

“Lantaran mencurigakan, petugas pun meminta supir membuka terpal penutup dan ternyata isinya juga bal-bal pakaian lelong. Truk ini mengangkut lebih banyak yakni 70 bal dan dikemudikan oleh Juna Tratilova (25) warga Dusun Awatan, Desa Suka Karya, Kabupaten Ketapang,” papar Kapolsek.

Kepada petugas, sopir angkutan mengatakan ratusan bal pakaian lelong itu dibawa dari Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas dengan tujuan Pangkalanbun, Kalimantan Tengah. Kedua supir kendaraan ini diminta untuk membawa ratusan bal pakaian lelong ini kepada pemiliknya.

“Penerima pakaian lelong ini di Pangkalanbun, Kalteng bernama Dani. Seluruh barang bukti telah kita amankan di Mapolsek dan akan menjalani proses hukum sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku,” pungkasnya.(wah)

Berita Terkait